Pakai Uang Tabungan, Nenek di Bantul Ini Sumbang Ambulans untuk Penanganan Covid

Mbah Tuginem (dua dari kanan) saat menyerahkan bantuan ambulans. - Harian Jogja/Istimewa
06 September 2021 18:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Langkah mulia dilakukan oleh Tuginem, 86, warga RT59, Padukuhan Diro, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon. Perempuan sepuh ini mewakafkan satu unit mobil ambulans untuk penanganan Covid-19 kepada Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) Sewon Selatan.

Ditemui di rumahnya, Tuginem mengatakan dirinya mewakafkan satu unit Suzuki APV yang kemudian disulap menjadi ambulans kepada MCCC Sewon Selatan. Hal itu dilakukan setelah dirinya melihat selama ini MCCC Sewon Selatan baru memiliki satu unit ambulans. Padahal, banyak warga yang membutuhkan pelayanan berupa mobil ambulans.

BACA JUGA: Tertipu Rp3 Miliar, Ibu Rumah Tangga Korban Arisan Online Mengadu ke Polda Jateng

"Setiap hari saya duduk di situ [samping kantor LazisMu Sewon Selatan yang sekaligus menjadi Kantor MCCC Sewon Selatan]. Setelah melihat banyak yang butuh ambulans, maka saya mewakafkan uang saya untuk dibelikan ambulans," katanya, Senin (6/9/2021).

Untuk wakaf satu unit ambulans, Tuginem yang tidak memiliki putra dan tinggal bersama dengan keponakannya merogoh uang Rp110 juta dari tabungannya. Uang itu digunakan untuk membeli satu unit Suzuki APV, sekaligus melengkapi perlengkapan di dalamnya. "Duitnya tabungan dari hasil panen pertanian. Lahan tidak saya kerjakan sendiri, uangnya didapatkan dari biaya penyewa dan penggarap sawah saya," kata Tuginem.

Keponakan Tuginem sekaligus bendahara LazisMu Sewon Selatan, Fauzan, 39, mengaku unit mobil ambulans hasil wakaf dari Tuginem akan dimanfaatkan sebagai pengangkut pasien Covid-19 dan jenazah. "Sehingga akan sangat membantu kami," ucapnya.