Advertisement

Wisata Taman Pintar Jogja Akan Segera Dibuka

Newswire
Rabu, 08 September 2021 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Wisata Taman Pintar Jogja Akan Segera Dibuka Anak-anak bermain di Taman Menari, Taman Pintar, Jogja. - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Tempat wisata edukasi di Kota Jogja, Taman Pintar terpilih menjadi salah satu destinasi wisata yang akan menyelenggarakan uji coba penerapan protokol kesehatan untuk pembukaan destinasi wisata.

"Pada dasarnya kami sudah sangat siap, baik dari sisi sarana dan prasarana, sumber daya manusia (SDM) hingga implementasi atau penerapan protokol CHSE (clean, healthy, safe and enviromentally sustainable)," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Retno Yuliani di Yogyakarta, Rabu (8/9/2021).

Advertisement

Namun demikian, pelaksanaan uji coba masih harus menunggu ketersediaan QR code yang nantinya bisa dipindai oleh pengunjung melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Dari informasi yang kami terima, QR code tersebut sedang dalam proses penyusunan dan dari hasil rapat bersama Kemenparekraf, masih ada beberapa hal yang akan di-review. Jadi kami masih menunggu informasi berikutnya," katanya.

BACA JUGA: Covid-19 Singapura Catat Rekor Setelah Muncul Klaster Baru di Madrasah

Sesuai ketentuan uji coba, Retno menyebut jika pengunjung berusia kurang dari 12 tahun tetap tidak akan diperbolehkan berkunjung ke Taman Pintar.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan hal senada yaitu Taman Pintar sudah sangat siap untuk melakukan uji coba protokol kesehatan pembukaan destinasi wisata.

"Sejak dulu, Taman Pintar dan Malioboro dibangun sebagai role model destinasi wisata yang menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Meskipun demikian, Heroe mengingatkan UPT Taman Budaya selaku pengelola Taman Pintar untuk tetap disiplin dalam mengatur kapasitas pengunjung sehingga tidak melanggar protokol kesehatan.

"Perlu ada pola pelayanan yang berbeda sehingga protokol kesehatan bisa dijlankan dengan baik," katanya yang berharap uji coba bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Mengenai kemungkinan pengunjung Taman Pintar yang kemudian masuk ke Malioboro, Heroe menyebut jika hal tersebut sangat mungkin terjadi.

"Tetapi, karena sudah menjalani screening di Taman Pintar melalui aplikasi Peduli Lindungi, maka bisa dipastikan wisatawan dalam kondisi sehat," katanya.

Sedangkan untuk destinasi wisata lain di Kota Yogyakarta tetap tutup meski PPKM di kota tersebut sudah turun ke level 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Paskah, 26.153 Penumpang Naik Turun di Stasiun Wilayah Madiun

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement