Advertisement

Siap-siap! 1,5 Bulan Lagi Musim Hujan, Petani Diimbau Siapkan Lahan

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 08 September 2021 - 06:17 WIB
Sunartono
Siap-siap! 1,5 Bulan Lagi Musim Hujan, Petani Diimbau Siapkan Lahan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI--Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul menghimbau para petani dapat segera menyiapkan lahan pertanian, menyambut musim penghujan. Diperkirakan musim penghujan di wilayah Gunungkidul sekitar 1,5 bulan lagi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan, Raharjo Yuwono mengatakan Dinas telah mengeluarkan surat edaran. Diharapkan petani mulai mempersiapkan lahan, memanen singkong yang masih ada di lahan. Kemudian mengolah tanah dengan traktor agar mudah dan efektif.

Advertisement

BACA JUGA : Jogja Sudah Kemarau Tapi Diguyur Hujan Deras, BMKG: Ada

“Mulai dilakukan persiapan benih yang diambil dari bantuan pemerintah maupun yang dibeli sendiri. Kemudian diharapkan pula petani segera menebus pupuk subsidi dari pemerintah, sehingga nantinya tidak terlambat dalam pengambilannya. Utamanya urea, NPK, SP 36, maupun ZA. Harapannya sebelum musim tanam pertama untuk pupuk urea sudah ditebus 50% oleh para petani," ucap Raharjo, Selasa (7/9/2021).

Raharjo mengatakan agar petani tidak rugi, sebaiknya bisa memperhatikan ramalan iklim dari BMKG. “Agar petani tidak rugi, karena terkadang hujan yang terjadi di awal hanya sebentar saja. Kami melalui PPL [Penyuluh Pertanian Lapangan] akan melakukan pendampingan,” ujarnya.

Ia menjelaskan pola tanam yang dilakukan di Gunungkidul biasanya pada masa tanam pertama, seluruh lahan dimanfaatkan untuk tanaman pangan jenis padi. Setelah itu, ada sebagian yang mulai dialihkan ke komoditas lainnya.

BACA JUGA : Curah Hujan DIY Diprediksi Turun Signifikan pada Agustus

Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, Etik Setyaningrum mengatakan Oktober dasarian III wilayah Sleman bagian Timur, Kota Jogja, Gunungkidul, Bantul dan Kulon Progo bagian tengah serta selatan, akan masuk musim penghujan.

“Hujan yang terjadi sifatnya normal kemudian untuk puncak hujan sendiri diprakirakan terjadi pada Januari 2022. Adapun panjang musim penghujan pada periode 2021/2022 20 dasarian. Sementara untuk wilayah Sleman utara dan barat mencapai 22 dasarian, dan Kulon Progo bagian utara serta barat 21 dasarian. Pada umumnya 20 dasarian untuk panjang musim penghujan mendatang,"ucap Etik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement