Ada Vaksinasi Rabies Gratis di Sleman, Jogja dan Kulonprogo, Ini Syarat-syaratnya

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
16 September 2021 19:47 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Ada informasi menarik untuk warga Sleman yang memiliki hewan peliharaan. Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang DIY mengadakan vaksinasi rabies gratis.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Harianjogja.com, vaksinasi rabies ini ditujukan bagi tiga jenis hewan yakni anjing, kucing dan kera. Ada 500 dosis vaksin yang disediakan, dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Bagi pemilik yang berminat mengikutkan hewan peliharaannya untuk vaksin tersebut, harus mendaftar lebih dahulu melalui website https://bit.ly/VaksinRabiesSleman1. Pendaftaran dibuka pada 16-23 September 2021.

Baca juga: Dekan FEB UMY Lepas Student Exchange ke Spanyol

Adapun pelaksanaan vaksinasi yakni pada Selasa (28/9/2021) sampai Kamis (30/9/2021) pukul 08.30 sampai 12.00 WIB. Tempat pelaksanaan vaksinasi ada tiga titik, meliputi Pusat kesehatan Hewan (Puskeswan) Gamping, Puskeswan Berbah dan Puskeswan Cangkringan.

Hewan peliharaan yang akan diikutkan untuk vaksinasi rabies ini juga harus memenuhi sejumlah persyaratan, yakni hewan sehat, berumur minimal 4 bulan dan tidak sedang bunting. Hewan disarankan sudah diberi obat cacing dan jarak minimal satu bulan dari vaksinasi terakhir yang diberikan. Pemilik hewan juga wajib membawa fotokopi identitas (KT) saat pelaksanaan vaksinasi.

Baca juga: Sertifikat Vaksin untuk Masuk Mall Lebih Efektif Jika Diiringi Disiplin Prokes

Tak hanya di Sleman, vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan juga ada di Kota Jogja dan Kulonprogo.

Di Kota Jogja, pelaksanaan vaksinasi dimulai 6 September hingga 24 September 2021, lebih awal daripada di Sleman. Lokasi pelaksanaan di 45 Kalurahan di Kota Jogja pada pukul 09.00 sampai 13.00 WIB berdasarkan jadwal.

Adapun di Kulonprogo, pelaksanaan vaksinasi rabies pada Selasa (28/9/2021) pukul 08.00 sampai 15.00 WIB di halaman Balai Besar Veteriner Wates. Kuota yang disediakan yakni 200 dosis.

Kegiatan vaksinasi rabies gratis ini digelar dalam rangka menyambut peringatan World Rabies Day.