Puluhan Kendaraan Dipaksa Putar Balik saat Menuju Pinus Sari Mangunan

Foto Ilustrasi petugas melakukan putar balik kendaraan yang akan masuk objek wisata. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak.
19 September 2021 12:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Puluhan kendaraan yang hendak ke objek wisata Pinus Sari, Mangunan, Dlingo, Sabtu (18/9/2021) diputar balik oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul. Mereka diputar balikkan karena hanya kendaraan bernomor plat terakhir genap yang boleh datang ke objek wisata tersebut.

“Roda enam yang kami putar balikkan ada sebanyak 4 unit, roda empat sebanyak 14 unit dan roda dua sebanyak 26 unit," kata Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanta, Sabtu (18/9/2021).

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI: Ganjil Genap Diberlakukan di Objek Wisata

Sementara untuk hari ini Minggu (19/9), Aris mengungkapkan, hanya kendaraan bernomor plat terakhir ganjil yang boleh mengunjungi objek wisata Pinus Sari, Mangunan, Dlingo. “Untuk itu kami tetap lakukan penyekatan dan berlakukan ganjil genap,” sambungnya.

Ketua Koperasi Natawono yang mengelola sejumlah objek wisata di Dlingo termasuk Pinus Sari,  Purwo Harsono mengatakan, ada peningkatan jumlah pengunjung dalam dua hari terakhir saat penerapan ganjil genap. Jika pada Jumat (17/9) tercatat ada 755 pengunjung, maka pada Sabtu (18/9) pengunjung mengalami peningkatan menjadi 1.356 pengunjung. Jika dilihat dari aturan kuota untuk Pinus Sari, hal ini masih dibawah kuota 25 persen atau 1.900 orang yang diperbolehkan datang ke Pinus Sari.

“Jadi masih dibawah kapasitas yang diperbolehkan. Untuk masalah sinyal, sejauh ini kami sediakan Wifi gratis kepada pengunjung di pintu masuk. Ini membantu persoalan lemahnya sinyal saat pengunjung hendak  scan barcode aplikasi PeduliLindungi,” kata Ipung-panggilan Purwo Harsono.