Ganjil Genap Bakal Berlaku di Malioboro

Suasana di Jalan Malioboro, Kota Jogja, Minggu (5/9/2021). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
20 September 2021 11:27 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kapolresta Jogja, Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro mengatakan, aturan ganjil genap akan diberlakukan pula di kawasan Malioboro pada akhir pekan mendatang. Kemarin, dia menyebut bahwa aturan itu telah berjalan dan akan dievaluasi pelaksanaannya.

Purwadi menyebut ada tiga pos yang didirikan untuk memantau pelaksanaan aturan itu di lapangan yakni di Teteg, Tugu, dan Gardu Aniem. Pelaksanaan aturan ganjil genap ini juga berbarengan dengan kegiatan Operasi Patuh Progo tahun 2021.

"Sebenarnya sudah mulai kemarin dan tiap Sabtu Minggu, tapi kemarin masih percobaan dan kita akan evaluasi kembali, kita siapkan ada tiga pos disitu yakni pos Tugu, Teteg, dan Gardu Aniem, jadi yang masuk ke Malioboro nanti akan kita coba untuk ganjil genap sesuaikan dengan tanggalnya," katanya, Senin (20/9/2021).

BACA JUGA: Aturan Ganjil Genap Masuk Objek Wisata Jogja Baru Wacana

Dia menambahkan, sejak penurunan level PPKM kawasan Malioboro sebagai salah satu destinasi wisata selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini menunjukkan geliat ekonomi perlahan-lahan sudah mulai bangkit. Namun ia mengingatkan agar penerapan prokes mesti selalu dilaksanakan oleh pengunjung.

"Karena seperti diketahui bahwa di Malioboro sudah mulai ramai apalagi akhir pekan, sudah menggeliat kembali dan akan kita siapkan bersama-sama kita cari yang terbaik, orang tetap wisata tapi tetap dengan prokes," kata dia.

Dalam pelaksanaannya, petugas nanti akan bersifat preentif, preventif, humanis dan edukatif dalam aturan ganjil genap bagi wisatawan. Tidak hanya pengendara roda empat, kendaraan roda dua dan bis pariwisata juga harus mengikuti aturan ini.

"Berlaku untuk semua, tidak hanya roda empat ya, tapi nanti itu tentative di lapangan seperti apa," kata Purwadi.