Pantai Gua Cemara Tunggu Persetujuan Pembukaan Terbatas

Pembagian masker di Pantai Gua Cemara, Senin (9/11/2020). - Harian Jogja/Jumali
20 September 2021 19:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pantai Gua Cemara menjadi salah satu destinasi wisata yang diajukan dalam pembukaan uji coba terbatas objek wisata. Sertifikasi CHSE menjadi salah satu pertimbangan Gua Cemara diusulkan dalam pembukaan objek wisata setelah Hutan Pinus Sari Mangunan.

"Ada arahan dari Dispar DIY untuk menambah lagi objek wisata sebagai uji coba. Kami mengajukan Gua Cemara di Pantai Selata," kata Kepala Seksi Obyek Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Alexander Joko Wintolo, di Puncak Pinus Becici, Muntuk, Senin (20/9/2021).

Namun, belum ada keputusan apakah Gua Cemara masuk dalam destinasi wisata yang akan menjalani uji coba pembukaan atau tidak. "Belum ada hasil, disetujui atau tidak," tambahnya.

Gua Cemara diajukan dalam uji coba terbatas karena memiliki ruang lingkup yang kecil. Di sisi lain, Gua Cemara juga sudah mengantongi sertifikat CHSE.

Kendati belum semua destinasi bisa diajukan dalam pembukaan terbatas, Joko menuturkan Dinpar Bantul telah mengajukan puluhan wisata untuk mendapatkan kode QR sebagai akses ke peduli lindungi. "Sampai tadi siang, saya mau ke sini tadi sudah ada 40-an yang mengajukan barcode, nanti akan kami ajukan ke Kementerian Pariwisata dengan tembusan ke Dispar DIY," kata dia.