18 Ekor Anjing Yang Hendak Dijagal Berhasil Dievakuasi

Ron Ron Dog Care (RRDC) Jogja bersama dengan kepolisian berhasil mengevakuasi sebanyak 18 ekor anjing dari sebuah rumah penjagalan di Srihardono, Kapanewon Pundong, Bantul, Minggu (19/9/2021) sore. - Ist/dok
20 September 2021 21:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Ron Ron Dog Care (RRDC) Jogja bersama dengan kepolisian berhasil mengevakuasi sebanyak 18 ekor anjing dari sebuah rumah penjagalan di Srihardono, Kapanewon Pundong, Bantul, Minggu (19/9/2021) sore.

Anggota RRDC Jogja Victor Indrabuana mengatakan awalnya pihaknya mendapatkan video seekor anjing yang berada di dalam karung dan siap dijagal. Kemudian Victor meminta bantuan kepolisian, dukuh untuk kemudian bersama-sama mendatangi lokasi pemilik rumah jagal. Oleh pihak kepolisian dan dukuh setempat, Victor kemudian dipertemukan dengan pemilik rumah jagal dan dilakukan mediasi.

"Nah, saat sampai di tempat tersebut, ada belasan ekor anjing dengan kondisi yang mengenaskan. Tubuh anjing dibungkus karung dengan kepala di luar. Bahkan sebagian anjing, mulutnya diikat tali. Dan, ada satu ekor anjing dewasa yang sudah lemas, katanya sudah empat hari diikat mulutnya tidak makan," ungkap Victor, Senin (20/9).

Baca juga: Pemerintah Tegaskan Tak Ada Perekrutan CPNS Guru pada 2022

Setelah melakukan mediasi dan penjelasan terkait praktik jagal anjing, pemilik rumah jagal akhirnya menyerahkan anjing-anjing tersebut. "Saya hanya jelaskan jika mau jual beli daging, kan harus sesuai undang-undang, utamanya undang-undang kesehatan," imbuh Victor.

Kapolsek Pundong, AKP Yosephine Iswantari yang dikonfirmasi membenarkan terkait peristiwa tersebut. Usai mediasi, pemilik rumah jagal akhirnya melepas sebanyak 11 ekor anjing dewasa dan 7 ekor anak anjing.

"Saat ini anjing-anjing itu ditampung ditempatnya Mas Victor. Karena dia memang punya tempat penampungan anjing," katanya.

Setelah peristiwa itu, Kapolsek menyatakan akan memantau kembali terkait aktivitas rumah jagal tersebut. Karena sesuai dengan hasil mediasi pemilik sudah berjanji tidak menjagal anjing kembali. "Ini sudah sesuai hasil mediasi kemarin," ucapnya.