Kolaborasi BI, Bea Cukai, dan Pemprov DIY Luncurkan Jogja Business Service Center (JBSC)

Peresmian format baru dari website Jogja Business Service Center (JBSC) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DIY. - Istimewa
28 September 2021 15:47 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Kamis, 16 September 202, diresmikan format baru dari website Jogja Business Service Center (JBSC) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DIY. Launching Website JBSC dihadiri secara daring oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Direktur Jenderal Bea Cukai, Askolani dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti. Event ini merupakan rangkaian Grebeg UMKM DIY - Road to Karya Kreatif Indonesia 2021 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia.

Peresmian website JBSC tersebut sekaligus sebagai Pengukuhan Forum Komunikasi dan Konsultasi Ekspor Impor DIY (Forkom Exim DIY) . Pembentukan Forkom Exim DIY dan pengembangan JBSC merupakan salah satu strategi untuk mendorong pertumbuhan ekspor daerah, khususnya D.I Yogyakarta. Tak hanya itu, event ini dirangkai dengan Diskusi Publik bertajuk “Akselerasi Pemulihan Ekonomi DIY Melalui Jalur Ekspor dan Logistik”. 

JBSC merupakan website yang menjadi wadah komunikasi dan konsultasi bagi para pelaku usaha ekspor impor di Yogyakarta. Melalui JBSC, pelaku usaha dapat berkonsultasi mengenai ekspor impor dengan instansi dan lembaga terkait secara interaktif. Instansi dan lembaga yang tergabung dalam JBSC antara lain Bea Cukai Yogyakarta, Disperindag DIY, Bank Indonesia DIY, Kemendag, Kemenkumham DIY, Kementerian Investasi/BKPM, dll.

“JBSC ini merupakan solusi bagi masyarakat yang mengeluhkan birokrasi. JBSC merupakan kolaborasi para instansi yang melayani ekspor/impor, sehingga masyarakat bisa berkomunikasi/berkonsultasi dengan instansi pemerintah dalam satu pintu. Jadi, kami himbau kepada eksportir/importir agar dapat memanfaatkan New JBSC seoptimal mungkin.”, ungkap Muhamad Purwantoro, Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan DIY. (ADV)