Advertisement

Jogja Akan Bentuk Relawan Kebakaran di 45 Kelurahan

Sirojul Khafid
Kamis, 30 September 2021 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
Jogja Akan Bentuk Relawan Kebakaran di 45 Kelurahan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja akan membentuk Satuan Relawan Kebakaran untuk memberbedayakan masyarakat di bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja, Octo Noor Arafat, satuan sukarelawan ini akan tersebar di 45 kelurahan se-Kota Jogja. Tugas Satuan Relawan Kebakaran di antaranya melakukan koordinasi dengan kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), kampung, dan RT/RW untuk sosialisasi mengenai upaya pencegahan dan deteksi dini bencana kebakaran.

Advertisement

“Semacam membuat mitigasi bencana kebakaran yang ada di wilayah, sesuai dengan kondisi dari masing-masing wilayah,” kata Octo di Kompleks Balai Kota Jogja, Rabu (29/9/2021).

Selain pengetahuan, para sukarelawan juga akan mendapat pembekalan kemampuan untuk melakukan pemadaman awal, apabila terjadi bencana kebakaran. Hal ini agar kebakaran tidak semakin meluas. “Penanganan kebakaran menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga penanganan sejak dini sangat diperlukan,” kata Octo.

Apabila penanganan awal kebakaran sulit tertangani, terlebih apinya semakin meluas, Satuan Relawan Kebakaran harus segera melapor ke Dinas Kebakaran dan Peneyelamatan. “Tujuannya agar waktu respons petugas bisa semakin cepat dan kebakaran bisa ditangani lebih baik,” katanya.

Di samping membentuk Satuan Relawan Kebakaran, Dinas Kebakaran dan Peneyelamatan Kota Jogja akan membangun jaringan hidran kering di sejumlah kampung, seperti di Ngadiwinatan dan Purwodiningratan. Hal ini agar bisa memberdayakan masyarakat dalam bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement