Selamat! BPD DIY Kembali Raih Infobank 10th Sharia Awards 2021

Penghargaan dari Majalah Infobank untuk BPD DIY/Ist
30 September 2021 18:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Bank BPD DIY Syariah kembali  meraih penghargaan “Infobank 10th Sharia Awards 2021” dari Majalah Infobank. Penghargaan dilaksanakan pada ajang “Islamic  Finance Summit 2021” dan “Infobank Sharia Awards 2021” yang digelar secara hybrid dari Hotel Roya l  Ambarrukmo ,Yogyakarta,Kamis,30 September 2021.

Penghargaan “Infobank  Sharia Awards 2021” diberikan berdasarkan rating institusi keuangan syariah yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank  pada kinerja keuangan tahun 2019 dan 2020. Penilian juga berdasarkan tata kelola perusahaan atau good corporate governance(GCG)dan manajemen risiko.

Penilaian GCG dan manajemen risiko ini makin membuat akurat penilaian rating. Beberapa kriteria penilaian yang digunakan Biro Riset Infobank untuk mengukur kinerja institusi keuangan syariah antara lain aspek efisiensi dan pertumbuhan, selain penilaian pada aspek profil risiko,GCG,rentabilitas,dan permodalan.

Tahun 2021 ini Bank BPD  DIY meraih tiga penghargaan sebagai berikut:

  • Predikat “Sangat Bagus” Kategori Unit Usaha Syariah Beraset Di Bawah Rp 2,5 Triliun
  • The Best Aset Quality Sharia Business Unit Commercial Bank 2020
  • The Most Profitable Sharia Business Unit Commercial Bank 2020

Penhargaan tersebut diterima oleh Direktur Pemasaran dan Usaha Syariah R Agus Trimurjanto.   Pada masa pandemi saat ini Bank BPD DIY  Syariah  tetap menunjukkan kinerja yang positif, posisi bulan Agustus 2021  kinerja keuangan Bank BPD DIY Syariah menunjukkan hasil yang positif, Aset  Rp 1.417 M tumbuh sebesar 47% dibandingkan posisi Agustus 2020, Dana Pihak Ketiga  Rp 664 Milyar tumbuh sebesar 26% dibandingkan Agustus 2020, Penyaluran Pembiayaan  789 Milyar tumbuh sebesar  5% dibandingkan posisi Agustus 2020 sedangkan laba sebesar Rp 37 milyar meningkat sebesar 26% dibandingkan posisi Agt 2020.

Dalam kesempatan tersebut R Agus Trimurjanto menyampaikan bahwa Bank BPD DIY Syariah senantiasa memberikan kinerja dan layanan yang terbaik untuk masyarakat DIY, hal tersebut diwujudkan dengan inovasi layanan dibidang transaksi digital yang dapat dinikmati oleh seluruh nasabah baik institusi ataupun perorangan. Pengembangan trransaksi dilakukan dengan pengembangan fitur  mobile banking maupun cash management system (CMS). 

Mendukung terpenuhinya kebutuhan  UMKM akan permodalan, Bank BPD DIY Syariah dipercaya Pemerintah untuk menyalurkan Pembiayaan KUR Syariah yang dapat dinikmati oleh seluruh kalangan UMKM  baik pengusaha mikro maupun pengusaha kecil dengan plafon mencapai Rp 500 juta.

Untuk mendukung terwujudnya Masyarakat Ekonomi Syariah, Bank BPD DIY Syariah ikut berperan serta dalam mendukung transaksi  digital di lingkungan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY, hal tersebut diwujudkan dengan kerjasama antara Bank BPD DIY Syariah dengan MES DIY dalam hal pengumpulan Wakaf Tunai.  Kerjasama ditandatangani oleh Ketua MES DIY Drs Heroe Purwadi  dan Pemimpin Cabang Bank BPD DIY Syariah Bambang  Parmana Hadi. Kerjasama  memudahkan masyarakat dan anggota MES DIY dalam pengumpulan Wakaf Tunai yang digunakan untuk mendukung program kerja MES DIY. (*)