Perayaan HUT Ke-44 Pasar Modal, Ada Serbuan Vaksinasi Covid-19 Serentak di Bantul

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
04 Oktober 2021 21:57 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang tergabung dalam Self-Regulatory Organization (SRO), kembali melakukan kegiatan sosial untuk menanggulangi COVID-19.

Kegiatan tersebut antara lain pembuatan Sentra Vaksinasi, dana bantuan untuk Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), pengadaan konsentrator oksigen dalam rangka Gerakan Oksigen untuk Indonesia, donor plasma, santunan untuk keluarga tenaga kesehatan yang gugur dan bantuan untuk petugas pemakaman.

Seluruh kegiatan ini didanai dari seluruh pendapatan SRO yang diperoleh dari transaksi Pasar Modal Indonesia yang dilakukan investor dan jasa kustodian pada tanggal 9 Agustus 2021 dan 17 September 2021, yang dikonversi menjadi dana kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka memperingati 44 Tahun Diaktifkannya Kembali Pasar Modal Indonesia (HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia) untuk penanggulangan Pandemi COVID-19.

Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia – Yogyakarta, Irfan Noor Riza menyatakan, “Kegiatan CSR dalam rangka HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia ini sebagai inisiatif dan bentuk kepedulian SRO untuk mendukung program Pemerintah mengurangi dampak dari COVID-19 yang masih berlangsung hingga kini.

Berdasarkan data dari covid19.go.id, sampai dengan 27 September 2021, sebanyak 4,2 juta masyarakat Indonesia telah terpapar COVID-19, sekitar 141.585 jiwa di antaranya meninggal dunia dan kasus aktif sebanyak 40.270.

Sementara itu, jumlah masyarakat yang telah memperoleh vaksin dosis ke-1 sekitar 87 juta dan 48 juta untuk vaksin kedua. Namun, jumlah tersebut masih jauh dari target pemerintah yaitu sebanyak 208 juta penduduk atau saat ini baru mencapai 23%.

“ Rencana pemerintah untuk mempercepat pencapaian target pelaksanaan vaksinasi menjadi salah satu latar belakang dari SRO mengupayakan pelaksanaan sentra vaksinasi. SRO berupaya membuat Sentra Vaksinasi COVID-19 tahap kedua di luar Jakarta. Di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dimulai dengan kota-kota Purwokerto, Yogyakarta, Semarang dan Solo, “ ujar Irfan.

Pada tanggal 20 September 2021, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tercatat telah menerapkan PPKM Level 3, artinya suatu daerah yang memiliki angka kasus konfirmasi positif Covid-19 antara 50-100 orang per 100 ribu penduduk per minggu.

Kejadian rawat inap di rumah sakit 10 - 30 orang per 100 ribu penduduk per minggu. Serta, angka kematian akibat Covid-19 antara 2 sampai 5 orang per 100 ribu penduduk di daerah tersebut.

“ DIY dan sekitarnya sangat membutuhkan percepatan vaksinasi. Sampai dengan tanggal 26 September 2021 tercatat pada laporan harian covid-19 pemerintah kota Yogyakarta terdapat 21.590 total kasus covid 19. Dengan kasus aktif pada tanggal tersebut sejumlah 182. Hal ini menjadi perhatian khusus untuk terus gencar melaksanakan vaksinasi di DIY dan sekitarnya termasuk di Kabupaten Bantul. Angka kematian di Bantul per minggu per 100 ribu penduduk masih 2,7 orang, “ sambung Irfan.

Kali ini, SRO yang di wakili oleh Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Yogyakarta bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) DIY dalam rangka HUT ke-44 Pasar Modal Indonesia mengadakan Sentra Vaksinasi Massal secara serentak di dua tempat berbeda dalam satu waktu di tanggal 28 September 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Kapanewon Dlingo dan Kretek Bantul dengan masing-masing kuota sebanyak 2250 dosis, sehingga total 4500 dosis vaksin tersedia untuk masyarakat setempat.

“Diharapkan dengan semakin cepatnya vaksinasi menjangkau berbagai lapisan masyarakat, kehidupan diwilayah Bantul dan sekitarnya berangsur normal dengan penerapan protokol kesehatan. Berjalannya kegiatan-kegiatan pendidikan, sosial, dan ekonomi, diharapkan dapat mendukung percepatan pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat yang "terpuruk" selama pandemi Covid-19,”pungkasnya.

Program CSR dari SRO terkait sentra vaksinasi ini akan dilanjutkan untuk beberapa kota di Indonesia. SRO bekerjasama dengan OJK, FKIJK dan dinas kesehatan setempat untuk penyelenggaraan sentra vaksinasi.

Pada tahap berikutnya, rencana pelaksanaan sentra vaksinasi akan dilakukan di Semarang, Solo dan beberapa kota di Kalimantan dengan target ribuan peserta.