206 Mahasiswa ITDA Yogyakarta Ikuti PKKMB 2021/2022

Sejumlah pejabat Rektorat ITDA Yogyakarta saat menghadiri pembukaan masa PPKMB di Kampus ITDA, Selasa (5/10/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
05 Oktober 2021 18:12 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021/2022, Selasa (5/10/2021). Meski digelar secara daring, pelaksanaan PKKMB berlangsung semarak.

Rektor ITDA, Marsda TNI (Purn) Ken Darmastono menerangkan serangkaian kegiatan PPKMB digelar 5-7 Oktober untuk memperkenalkan berbagai fasilitas dan gambaran kegiatan perkuliahan, mulai dari kegiatan akademik maupun nonakademik. "PKKMB secara umum sama dengan perguruan tinggi lainnya, memperkenalkan kepada mahasiswa tentang kampus, apa organisasinya, di bawah yayasan apa, fakultasnya apa saja dan sebagainya," kata Ken, Selasa.

Meski digelar secara daring, tujuan penyelenggaran PPKMB agar mahasiswa baru dapat mengenali gambaran keseharian di kampus tetap tersampaikan dengan baik. PPKMB dinilai penting agar mahasiswa dapat memanajemen waktu perkuliahan dengan baik. "Dengan adanya PPKMB, harapannya lebih mudah bagi mereka untuk kuliah di sini," ujarnya.

Menurut Darmastono, melalui PPKMB mahasiswa dapat mengetahui beragam fasilitas kampus, misalnya mahasiswa yang ingin mencari pustaka referensi, mereka tahu ke mana harus pergi. "Kalau mau praktik ke Laboratorium Terpadu yang bisa memandu ke Sub-Laboratorium. Atau kalau membutuhkan referensi yang lain kami bekerja sama dengan instansi lain misalnya dengan Akademi Angkatan Udara atau Pangkalan TNI AU [Lanud Adisutjipto]," katanya.

Dengan adanya kegiatan PKKMB diharapkan mahasiswa baru ITDA semakin mengenal lingkungan akademiknya, sehingga ke depan mahasiswa dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia teknologi dan kedirgantaraan Indonesia.

Seusai PPKMB, mahasiswa baru akan menjalani pembelajaran daring. Bagi mahasiwa yang menjalani tugas akhir diperbolehkan mengikuti pembelajaran hibrid, yakni campuran antara daring dan luring. "Saat ini kami masih melakukan pembelajaran daring penuh kecuali untuk praktikkum atau kegiatan mahasiswa tingkat akhir untuk penelitian skripsi dan harus berkoordinasi dengan pembimbing," kata Ken.

Pjs Wakil Rektor III ITDA Yogyakarta, Catur Sudarmadi menambahkan pada tahun ajaran 2021/2022 ada 206 mahasiwa yang menjalani PPKMB. "Jumlah itu yang sudah menyelesaikan administrasi. Peminat ITDA cukup banyak, namun karena kendala ekonomi, sehinga ada yang menyicil biaya kuliah," ujarnya.

ITDA Yogyakarta memiliki akreditasi B secara institusi. ITDA memiliki enam program studi yakni Program Studi Teknik Elektro, Informatika, Teknik Industri, Teknik Dirgantara, Teknik Mesin dan Teknik Aeronautika yang terakreditasi B.