BOB Gelar Vaksinasi di Objek Wisata Kulonprogo

Warga menerima suntikan vaksin Covid-19 dalam kegiatan vaksinasi massal yang digelar di Kopi Ingkar Janji, Jumat (8/10/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
09 Oktober 2021 05:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 2.800 warga di Kulonprogo menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Otorita Borobudur (BOB) bersama Pemkab Kulonprogo dan Tiket.com. Vaksinasi digelar di kedai Kopi Ingkar Janji, Kapanewon Girimulyo, Jumat (8/10/2021).

Direktur Pemasaran Pariwisata BOB, Agus Rochiyardi mengatakan vaksinasi yang digelar di kedai Kopi Ingkar Janji merupakan agenda lanjutan dari vaksinasi yang sudah digelar sebelumnya. Sebelumnya, vaksinasi digelar di Rest Area Bunder, dan Geosite Ngingrong Gunungkidul, serta di Hutan Pinus Mangunan, Bantul. "Vaksinasi yang dilaksanakan BOB bertujuan mempercepat terbentuknya herd immunity, sekaligus menekan kasus persebaran Covid-19 di DIY," kata Agus.

Guna mempercepat capaian vaksinasi, BOB yang berada di bawah Satuan Kerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerja sama dengan Tiket.com, Dinas Pariwisata, dan Dinas Kesehatan Kulonprogo.

"Percepatan vaksinasi mutlak dilakukan agar kekebalan komunitas bisa meningkat, sehingga pelaku wisata dan ekonomi kreatif dan masyarakat lebih percaya diri dan siap menerima kunjungan wisatawan, sekaligus memberikan rasa aman bagi pelaku dan wisatawan," ujar Agus.

Menurut Agus, inovasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di destinasi wisata memiliki fungsi ganda, yakni promosi destinasi dan promosi kesehatan. "Semoga upaya ini membawa hasil terbaik. Tetap semangat dan jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19," kata Agus.

Wakil Bupati Kulonprogo, vaksinasi yang digelar BOB, Tiket.com, dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo merupakan upaya yang mampu berdampak kepada pencapaian angka vaksinasi di Bumi Menoreh. "Meskipun angka pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo sudah melampaui target nasional yakni di atas 70 persen, kami masih membutuhkan bantuan penyelenggaraan vaksinasi terutama untuk warga lansia," kata Fajar.

Salah satu warga lansia yang mengikuti vaksinasi, Mujinem, 60, warga Kalurahan Pendoworejo, Kapanewon Girimulyo, mengaku mengikuti vaksinasi untuk dosis pertama. Vaksinasi di destinasi wisata ini sangat membantu dirinya dalam mengakses vaksinasi. Lokasi vaksinasi yang berada di objek wisata membuat dirinya merasa nyaman. “Kebetulan rumah saya berada tak jauh dari kedai Kopi Ingkar Janji," kata Mujinem.