Dinkes Siapkan Opsi Vaksinasi dari Rumah ke Rumah untuk Sasar Lansia

Vaksinasi pedagang Pasar Bantul pada Rabu (9/6/2021). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati
11 Oktober 2021 06:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI - Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, target vaksinasi untuk lansia menyasar 124.129 orang. Total hingga Minggu (10/10/2021) sudah menyasar sebanyak 68% untuk suntikan dosis pertama dan 46% suntikan dosis kedua.

Menurut dia, sama seperti vaksin umum lainnya, untuk kelompok lansia juga dilakukan percepatan sehingga dapat menyasar seluruh warga yang menjadi sasaran.

BACA JUGA : DIY Siapkan Bingkisan Bagi Lansia yang Mau Divaksin

"Kami terus berupaya menungkatkan cakupan sasaran untuk vaksinasi, termasuk didalamnya bagi kelompok lansia," kata Dewi Minggu (10/10/2021)

Dia menjelaskan, untuk percepatan bagi lansia, ada beberapa langkah. Pertama, dilakukan kerja sama dengan pihak kalurahan untuk menyisir, lansia yang belum tervaksin.

Langkah selanjutnya, setelah data terkumpul proses vaksinasi dilakukan ke fasilitas keaehatan terdekat.

Untuk lokasi, Dewi mengakui sangat situasional karena pelaksanaan bergantung dengan kondisi lansia. "Kalau tidak bisa ke puskesmas, opsinya dilaksanakan di balai kalurahan. Tapi, kalau tetap tidak bisa, maka dilakukan dengan cara mendatangi rumah secara langsung," katanya.

Dia berharap dengan strategi ini maka proses vaksinasi di Gunungkidul dapat menjangkau ke seluruh sasaran yang ada. "Untuk capaian secara menyeluruh, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 74,76%. Sedangkan untuk dosis kedua mencapai 44,11%," imbuh Dewi.