Pengumunan SKD CPNS Masih Tunggu Instruksi

Foto ilustrasi. - Antara Foto/Irwansyah Putra
12 Oktober 2021 03:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul masih menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat terkait dengan kelanjutan seleksi CPNS di tahun ini. Pasalnya, untuk bisa lolos para peserta harus melalui dua seleksi, yakni kompetensi dasar dan bidang.

Kepala Bidang Formasi dan Data Pegawai, BKPP Gunungkidul, Agus Sumaryono mengatakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk CPNS sudah terlaksana di pertengahan September lalu. Meski demikian, hingga sekarang pihaknya belum mendapatkan pengumuman secara resmi berkaitan peserta yang lolos di tahapan tes ini.

“Kami masih menunggu. Mudah-mudahan secepatnya bisa diumumkan,” kata Agus, Senin (11/10/2021).

Dia menjelaskan, untuk tes SKD CPNS diikuti sebanyak 1.062 peserta. Adapun kuota lowongan sebanyak 98 formasi. Tes SKD belum menjadi penentu kelulusan karena setelah dinyatakan lolos di tes ini, peserta masih harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang. “Sama seperti pengumuman SKD, untuk pelaksanaan SKB juga masih menunggu pengumuman dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Agus menambahkan, rekrutmen Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemkab Gunungkidul, tidak hanya lewat jalur CPNS. Pasalnya, di waktu bersamaan juga ada rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Di dalam lowongan ini terbagi menjadi dua, yakni CP3K guru dan non guru.

Baca juga: Duh...Banyak Wisatawan Tanpa Pemeriksaan Vaksin Lolos Masuk DIY

Menurut dia, untuk CPPPK guru sudah diumumkan pada Jumat (8/10/2021) lalu. Sedangkan rekrutmen CPPPK non guru masih dalam pelaksanaan tes untuk seleksi kompetensi bidang. “Tes CPPPK non guru dilaksanakan hari ini [kemarin]. Untuk formasinya ada 55 yang harus diisi,” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan dan Ketenagaan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Kisworo mengatakan, untuk rekrutmen CPPPK guru sudah diumumkan. Meski demikian, pihaknya belum mengetahui pasti berapa jumlah yang pendaftar yang diterima karena pelaksanaan tes langsung ditangani oleh kementerian.

“Kami masih berusaha mencari salinan hasil penerimaan PPPK guru. Yang jelas, untuk lowongan yang dibuka ada sebanyak 1.258 formasi,” katanya.