Advertisement

Pos Siaga Bencana di Bantul Diaktifkan jelang Musim Hujan

Catur Dwi Janati
Rabu, 13 Oktober 2021 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pos Siaga Bencana di Bantul Diaktifkan jelang Musim Hujan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Mengantisipasi segala potensi risiko bencana jelang musim peghujan, BPBD Bantul intensifkan komunikasi dengan sejumlah relawan di daerah rawan. Pos-pos siaga bencana pun siap diaktifkan kembali jelang musim hujan

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto menyampaikan bila pemantauan di pos-pos siaga bakal diaktifkan kembali memasuki musim penghujan. Sejumlah titik rawan banjir dan longsor akan dibentuk pos-pos yang memantau situasi terkini di lokasi rawan.

Advertisement

"Nanti akan kita buat pos. Kurang lebih 20 pos ada di beberapa Kalurahan untuk antisipasi, mana kala nanti sudah betul-betul memasuki musim penghujan secara intens," terangnya Selasa (12/10/2021).

Ditambahkan Dwi sejumlah perlengkapan darurat juga telah disiapkan BPBD Bantul. Mulai dari bagor hingga bronjong serta alat kerja bakti lainnya juga telah disiapkan. 

Upaya preventif juga dilakukan mengantisipasi pohon tumbang. Kegiatan pemotongan cabang-cabang pohon rawan atau kegiatan rabas telah diintensifkan di berbagai wilayah.

Dari aspek talut, Dwi menuturkan beberapa talut memang masuk dalam skema perbaikan pada anggaran perubahan. "Tapi di samping itu kan perlu ada kerja bakti di tingkat kalurahan terkait dengan saluran selokan maupun sungai-sungai yang dimungkinkan akan menjadi bencana luapan air banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi," tegas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement