Pos Siaga Bencana di Bantul Diaktifkan jelang Musim Hujan

Ilustrasi. - Freepik
13 Oktober 2021 10:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Mengantisipasi segala potensi risiko bencana jelang musim peghujan, BPBD Bantul intensifkan komunikasi dengan sejumlah relawan di daerah rawan. Pos-pos siaga bencana pun siap diaktifkan kembali jelang musim hujan

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto menyampaikan bila pemantauan di pos-pos siaga bakal diaktifkan kembali memasuki musim penghujan. Sejumlah titik rawan banjir dan longsor akan dibentuk pos-pos yang memantau situasi terkini di lokasi rawan.

"Nanti akan kita buat pos. Kurang lebih 20 pos ada di beberapa Kalurahan untuk antisipasi, mana kala nanti sudah betul-betul memasuki musim penghujan secara intens," terangnya Selasa (12/10/2021).

Ditambahkan Dwi sejumlah perlengkapan darurat juga telah disiapkan BPBD Bantul. Mulai dari bagor hingga bronjong serta alat kerja bakti lainnya juga telah disiapkan. 

Upaya preventif juga dilakukan mengantisipasi pohon tumbang. Kegiatan pemotongan cabang-cabang pohon rawan atau kegiatan rabas telah diintensifkan di berbagai wilayah.

Dari aspek talut, Dwi menuturkan beberapa talut memang masuk dalam skema perbaikan pada anggaran perubahan. "Tapi di samping itu kan perlu ada kerja bakti di tingkat kalurahan terkait dengan saluran selokan maupun sungai-sungai yang dimungkinkan akan menjadi bencana luapan air banjir akibat curah hujan yang cukup tinggi," tegas dia.