Dua Klaster Muncul di Bantul, Kegiatan Masyarakat Diminta Melapor

Ilustrasi. - Freepik
14 Oktober 2021 07:27 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Dua klaster yang muncul di tengah situasi turunnya Covid-19 menjadi perhatian. Warga diminta disiplin terapkan prokes dan melaporkan kegiatan masyarakat yang bersifat mengumpulkan orang.

Ketua Harian Satgas Covid-19, Joko Purnomo secara tegas meminta masyarakat jujur bila mengalami gejala yang mengarah ke Covid-19. Atas kemunculan dua klaster di Sanden dan Bambanglipuro, Puskesmas telah melalukan tracing terhadap sejumlah kontak erat. "Langkahnya puskesmas tetap melakukan tracing di Klaster tersebut dan antisipasinya kita tetap mengkampanyekan 3M," ujarnya pada Rabu (11/10) malam.

"Masyarakat, kita harapkan jujur seandainya merasakan gejala. Penewu, Lurah dan Satgas Covid Kalurahan tetap melakukan penegakan aturan PPKM Level 3," imbuhnya.

Masyarakat yang ingin melakukan aktivitas berpotensi minimbulkan kerumunan orang diminta Joko melapor terlebih duhulu ke Satgas Covid setempat sebelum diselenggarakan. "Kegiatan masyarakat yang berpotensi mengumpulkan orang, diminta melapor kepada Satgas Covid di wilayahnya. Sehingga Satgas bisa mengantisipasi dan melakukan edukasi," tegasnya.

"Bantul masih berada di Level 3, untuk bisa turun ke Level 2 maka kita harus disiplin dalam penegakan dan melaksanakan Inbup, sebagai penjabaran Inmen dan Ingub," katanya.