Apes hingga Bingung Baca Marka, Ini Sederet Kenangan di Perempatan Klodran

Suasana di Perempatan Klodran Bantul - Instagram @merapi_uncover
14 Oktober 2021 11:47 WIB Bernadheta Dian Saraswati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Jogja dikenal memiliki banyak sudut yang cantik. Tidak hanya terpusat di Kota Jogja saja, spot instagramable yang cocok untuk tempat nongkrong juga bisa ditemui di Kabupaten Bantul.

Salah satu tempat yang asyik di malam hari adalah Simpang Empat Klodran Bantul atau masyarakat Jogja akrab menyebutnya dengan Perempatan Klodran. Beberapa orang juga menyebutnya dengan Perempatan Masjid Agung Bantul.

Meski hanya berupa jalan utama menuju daerah Bantul, tetapi pemerintah setempat menata kawasan ini dengan apik. Ada pagar lampu di sisi barat dan timur jalan yang sekilas terlihat seperti pintu gerbang menuju ke kabupaten yang dikenal dengan Bumi Projotamansari itiu Ada pula taman yang ditata dengan rapi dilengkapi dengan sebuah patung besar Pangeran Diponegoro.

Belum lama ini, potret keindahan Perempatan Klodran Bantul diunggah oleh akun Instagram @merapi_uncover. Dalam postingannya memperlihatkan suasana Perempatan Klodran di malam hari yang dipotret dari atas.

"Ada yang punya kenangan dijalan ini??? Perempatan Masjid Agung Bantul," tanya @merapi_uncover. 

Beberapa orang yang pernah melintas di Perempatan Klodran langsung memberikan komentar. Mereka membagikan kisah uniknya saat melintas di jalan itu.

"Ban e bocor min," tulis @khadiqumer.

"Kenangan pas sendal jepitku pedhot min [kenangan saat sandal jepitku putus min]," timpal @muhammad.abdulsyukur42.

"Lewat goro" cod jebul barang e ra cocok [lewat karena COD ternyata barangnya tidak cocok]," tulis @mucsyin.sto_.

"Mestio rung tahu liwat nek bengi,Koyo reti aku perempatan iki... ?? tenan ra perempatan Klodran... kenanganku malah nang gek lampu sik murup biru no kui... [meski belum pernah lewat kalau malam, sepertinya saya tahu perempatan ini, benar tidak Perempatan Klodran, kenanganku malah di lampu warna biru itu]," komentar @rizqitatutik.

Namun ada pula yang mengaku belum pernah melintasi jalan itu di malam hari. "Blm pernah lewat pas malem... apik," tulis @zavier03_tami25.

Ada pula akun yang justru fokus dengan rambu lalu lintas berupa garis kuning yang ada di tengah perempatan itu. Sebab, dalam gambar memang menunjukkan adanya garis kotak kuning dengan tanda silang di dalamnya.

"Tanya boleh y,itu garis kuning di tengah2 maksudny ap si...serius AQ gak dong Lo," tulis @arinthadewi13.

Simpang Kotak Kuning

Dilansir dari Wikipedia, garis tersebut disebut dengan simpang berkotak atau Box Junction (BJ). Box Junction adalah marka jalan berbentuk kotak di persimpangan yang bertujuan mencegah kepadatan lalu lintas di jalur yang dapat mengakibatkan tersendatnya arus kendaraan di jalur lain yang tidak padat.

Permukaan persimpangan umumnya ditandai dengan kisi silang-menyilang yang dicat melintang. Kendaraan tidak boleh memasuki area yang ditandai, kecuali bila sudah tidak ada kendaraan lain di area tersebut.

Simpang berkotak pertama kali diperkenalkan di Britania Raya pada tahun 1967. Pada pertengahan tahun 2015, marka jalan ini mulai diterapkan di Indonesia dengan nama simpang berkotak kuning (SBK) atau yellow box junction (YBJ).

Nah kalau kamu sendiri, apakah punya kenangan di Perempatan Klodran?

Sumber : Instagram