Wira Desa UPN Veteran Yogyakarta Memberdayakan Warga Girirejo, Imogiri

Acara sosialisasi pengembangan produk dan keamanan pangan di Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri, Bantul. - Istimewa
15 Oktober 2021 23:57 WIB Yudhi Kusdiyanto Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Tim Wira Desa UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) menggelar sosialisasi pengembangan produk dan keamanan pangan di Kalurahan Girirejo, Kapanewon Imogiri, Bantul. Kegiatan ini mengusung tema Semangat Wirausaha di Desa Girirejo, Imogiri.

Sebelum acara digelar, pada Senin (13/9/2021) Tim Wira Desa UPNVY yang beranggotakan Ahmad Nur Rohim dan Ardya Rahmawati Laras Septi, keduanya mahasiswa Agroteknologi 2018; Alfian Nur Rahman, mahasiswa Agribisnis 2018; Dewi Anggraeni Sekarwati, mahasiswi Agroteknologi 2019; Khairul Asrori, mahasiswa Teknik Kimia 2018; dan Shaffira Ayuning B, mahasiswi Manajemen 2019, dengan pembimbing Oliver Samuel lebih dulu melakukan sosialisasi umum dan pemberian materi psikologi ekonomi.

Dalam acara sosialisasi, salah satu materi disampaikan oleh Dwi Martuti Rahayu, owner Won.dis Cokelat, sementara, Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Bantul, Agus Sulistyana menyampaikan materi mengenai wirausaha kreatif dan produktif di era digital.

Beberapa materi yang disampaikan di antaranya langkah sederhana berwirausaha, memanfaatkan teknologi dalam berwirausaha, strategi pemasaran, strategi pemasaran minim anggaran, bauran pemasaran dan tata cara permohonan izin legalitas usaha. “Bagi seorang pemula yang ingin berwirausaha dapat mulai melakukan langkah sederhana berwirausaha dengan menentukan visi dan misi, melakukan analisis, menetapkan strategi, mengelola seluruh sumber daya yang dimiliki dengan baik, dan melakukan perencanaan dengan matang,” kata Agus, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (15/10/2021).

Menurut Agus, selain itu, yang tak kalah penting yakni menata seluruh unsur manajemen dengan rapi, mengarahkan sumber daya untuk produktif, melakukan pengawasan dengan ketat, sekaligus reward and punishment. “Jangan lupa, di era seperti sekarang ini, kita harus pandai memanfaatkan teknologi yang sudah ada untuk berwirausaha,” kata Agus.

Acara dihadiri oleh perwakilan dari UMKM ceriping pisang, wedhang uwuh, bakso tusuk dan keris. Dalam kegiatan sosialisasi, diserahkan peralatan produksi dari UPNVY yang diwakili oleh Oliver Samuel Simanjutak.