Revitalisasi Sirip Malioboro di Jalan Perwakilan Dimulai

Pengerjaan revitalisasi sirip Malioboro di Jalan Perwakilan, Selasa (19/10/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon
19 Oktober 2021 18:07 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja memulai pengerjaan revitalisasi sirip Malioboro di Jalan Perwakilan. Pengerjaan awal yakni pemasangan kabel bawah tanah (duct) pada sisi selatan, kemudian akan berlanjut pada pengerjaan lain.

"Sekarang masih pembongkaran awal untuk tanam ducting. Pengerjaan masih tahap awal dulu di Jalan Perwakilan yang trotoar sisi selatan," kata Kepala DPUPK Kota Jogja, Hari Setyawacana, Selasa (19/10/2021).

Hari mengatakan konsep trotoar sirip Malioboro di Jalan Perwakilan itu akan dibuat sejajar dengan jalan utama. Penataan ini juga sebagai bagian dari pembangunan kawasan sumbu filosofis mulai dari Keraton, Malioboro hingga Tugu Jogja.

"Trotoar Perwakilan semua akan dibangun dan kami akan barengi pengerjaannya. Trotoar akan dibangun semua dan menyatu dengan jalan. Elevasinya nanti sama dengan jalan," kata dia.

Jawatannya menargetkan semua pembangunan di kawasan itu akan selesai pada pekan ketiga Desember mendatang. Komunikasi kepada pedagang dan juga warga di kawasan sekitar juga telah dilakukan. Secara bertahap, pembangunan akan dilakukan sambil tetap memperbolehkan pedagang berjualan.

"Kami sudah komunikasi dengan PKL dan akan bertahap dilakukan relokasi dan mereka masih bisa berjualan ke depannya," ujar Hari.

Ketua Forum Komunikasi dan Koordinasi Perwakilan, Adi Kusuma Putra Suryawan mengatakan, sebelumnya pedagang telah melakukan koordinasi dengan DPUPKP serta perwakilan kemantren. Forum bersepakat bahwa dalam pengerjaan Jalan Perwakilan, ada sejumlah rekayasa teknis yang bakal dilakukan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan bagi pedagang di kawasan itu.