Advertisement

Revitalisasi Sirip Malioboro di Jalan Perwakilan Dimulai

Yosef Leon
Selasa, 19 Oktober 2021 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Revitalisasi Sirip Malioboro di Jalan Perwakilan Dimulai Pengerjaan revitalisasi sirip Malioboro di Jalan Perwakilan, Selasa (19/10/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja memulai pengerjaan revitalisasi sirip Malioboro di Jalan Perwakilan. Pengerjaan awal yakni pemasangan kabel bawah tanah (duct) pada sisi selatan, kemudian akan berlanjut pada pengerjaan lain.

"Sekarang masih pembongkaran awal untuk tanam ducting. Pengerjaan masih tahap awal dulu di Jalan Perwakilan yang trotoar sisi selatan," kata Kepala DPUPK Kota Jogja, Hari Setyawacana, Selasa (19/10/2021).

Advertisement

Hari mengatakan konsep trotoar sirip Malioboro di Jalan Perwakilan itu akan dibuat sejajar dengan jalan utama. Penataan ini juga sebagai bagian dari pembangunan kawasan sumbu filosofis mulai dari Keraton, Malioboro hingga Tugu Jogja.

"Trotoar Perwakilan semua akan dibangun dan kami akan barengi pengerjaannya. Trotoar akan dibangun semua dan menyatu dengan jalan. Elevasinya nanti sama dengan jalan," kata dia.

Jawatannya menargetkan semua pembangunan di kawasan itu akan selesai pada pekan ketiga Desember mendatang. Komunikasi kepada pedagang dan juga warga di kawasan sekitar juga telah dilakukan. Secara bertahap, pembangunan akan dilakukan sambil tetap memperbolehkan pedagang berjualan.

"Kami sudah komunikasi dengan PKL dan akan bertahap dilakukan relokasi dan mereka masih bisa berjualan ke depannya," ujar Hari.

Ketua Forum Komunikasi dan Koordinasi Perwakilan, Adi Kusuma Putra Suryawan mengatakan, sebelumnya pedagang telah melakukan koordinasi dengan DPUPKP serta perwakilan kemantren. Forum bersepakat bahwa dalam pengerjaan Jalan Perwakilan, ada sejumlah rekayasa teknis yang bakal dilakukan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan bagi pedagang di kawasan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement