Ratusan Peserta dari Berbagai Negara Ikut Seminar Internasional Matematika di Jogja

Ilustrasi - Pixabay
26 Oktober 2021 05:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, DEPOK—Sebanyak 686 peserta lintas negara akan mengikuti 2nd International Seminar on Mathematics Teaching and Learning (ISMaTeL). Kegiatan yang berlangsung secara daring dan luring pada 26-28 Oktober ini diselenggarakan oleh Pusat pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidikan (PPPPTK) Matematika.

Kepala PPPPTK Matematika Hari Suryanto menjelaskan sebanyak 550 peserta mengikuti seminar secara daring yang terdiri dari 496 peserta dalam negeri dan 54 peserta dari luar negeri meliputi Filipina, Kamboja, Malaysia dan Brunei Darussalam.

“Sebanyak 136 peserta mengikuti seminar secara luring yang berlangsung di Grand Rohan, Jogja,” ujarnya di Kantor PPPPTK Matematika, Senin (25/10/2021).

Penanggung Jawab Akademis Sri Wulandari Danoebroto mengatakan kemampuan literasi siswa merupakan satu isu yang dikaji dalam skala internasional. Hasil kajian yang dilakukan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) sangat memengaruhi pembuatan kebijakan pendidikan matematika di berbagai negara.

“Isu pencapaian literasi matematika tetap menjadi isu menarik untuk didiskusikan. Melalui ISMaTeL kedua ini, isu tersebut diangkat, dibahas dan digali dalam berbagai perspektif,” katanya.