Advertisement

Promosikan Produk, Dinkop-UMKM Sleman Gelar Koperasi & UMKM Expo

Abdul Hamied Razak
Kamis, 28 Oktober 2021 - 22:17 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Promosikan Produk, Dinkop-UMKM Sleman Gelar Koperasi & UMKM Expo Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat melihat berbagai produk yang dipamerkan dalam Koperasi-UMKM Ekspo di Hartono Mall, Kamis (28/10/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Koperasi-UKM Sleman menggelar Koperasi dan UMKM Expo, Kamis-Minggu (28-31/10/2021) di Atrium Hartono Mall. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi Indonesia.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengapresiasi kegiatan yang sebelumnya tertunda karena adanya kenaikan kasus Covid 19. "Kegiatan ini merupakan upaya yang sangat membantu UMKM di Sleman dalam mempromosikan produk yang dihasilkan," katanya seusai membuka Koperasi dan UMKM Expo di Atrium Hartono Mall, Kamis sore.

Advertisement

Kustini menilai kegiatan ini merupakan bentuk kegotongroyongan dan sinergi dari semua pihak untuk membangkitkan dinamika usaha UMKM. "Kegiatan ini menunjukkan kepada khalayak luas bahwa di Sleman masih ada UMKM yang mampu menjaga keberlangsungan usahanya, terutama di tengah pandemi Covid 19," kata Kustini.

Kustini juga mengingatkan agar penyelenggaraan pameran tetap menerapkan protokol kesehatan agar kasus Covid-19 di Sleman tidak meningkat dan status PPKM Level 2 tidak kembali naik. "Apalagi cakupan vaksinasi di Sleman dosis pertama sudah mencapai 85 persen dan dosis kedua 65 persen. Jadi jangan lengah menerapkan prokes," katanya.

Sekretaris Dinas Koperasi-UKM Sleman, Endah Sri Widiastuti mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan koperasi dan UMKM, menyosialisasikan koperasi untuk penguatan kelembagaan serta memberikan wadah interaksi bisnis bagi pelaku UMKM baik secara online maupun offline. Kegiatan offline digelar 28 hingga 31 Oktober dan kegiatan online akan digelar hingga akhir Desember.

"Kami mengangkat tema Mewirausahakan Koperasi dan Mengkoperasikan Wirausaha yang selaras dengan upaya pemerintah untuk menguatkan dan memberdayakan koperasi dan UMKM. Tema ini juga bertujuan untuk mendorong dan memperkuat koperasi dan UMKM untuk menghadapi persaingan pasar," katanya.

Dalam ekspo tersebut terdapat 54 stan terdiri dari 19 koperasi, 57 UMKM dan tiga BUMD. Produk yang dipamerkan antara lain kerajinan, fesyen, kuliner, flora, dan aneka jasa serta berbagai kegiatan lainnya. Dinas juga menyediakan ruang konsultasi usaha bagi pelaku UMKM termasuk menfasilitasi pengurusan nomor induk berusaha (NIB) untuk usaha mikro.

Selama pameran digelar berbagai talkshow, aneka lomba, cooking class dan lainnya. "Kami juga menggelar pemilihan Duta Koperasi dan pemberian penghargaan kepada koperasi berprestasi di Sleman. Selain itu, ada pemberian kredit nol persen tanpa agunan bagi 200 pelaku UMKM dari Bank Sleman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement