Advertisement

PDIP Siap Wujudkan Jogja Tangguh Bencana

Media Digital
Senin, 08 November 2021 - 11:47 WIB
Sunartono
PDIP Siap Wujudkan Jogja Tangguh Bencana Kegiatan DPC PDIP Kota Jogja di Taman Legawong, Umbulharjo, Sabtu (6/11/2021). - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Memasuki masa musim penghujan, warga Yogyakarta diingatkan untuk menghadapi aneka bencana yang biasa terjadi kala hujan tiba. Melalui simulasi penanggulangan bencana banjir, diharapkan warga dan stake holder penanganan kebencanaan bersiap dan tangguh kala terjadi bencana.

"Kesiapsiagaan penting bagi semua, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta melalui badan partai dan petugas partai siap mewujudkan Yogyakarta tangguh hadapi bencana lewat simulasi penanggulangan bencana ini," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan, Sabtu, 6/11/2021.

Advertisement

Lewat kegiatan Pelantikan Badan-Badan Partai, Penanaman Pohon dan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir yang dilaksanakan awal bulan November 2021, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta mengajak seluruh rakyat Yogyakarta bisa bekerja sama, bergotong royong dan menjadi tangguh kala menghadapi bencana.

"Simulasi penanggulangan bencana banjir butuh koordinasi dan kesiapsiagaan semua unsur. Pemerintah daerah lewat BPBD dan unsur masyarakat harus bersatu dalam langkah penanganan kebencanaan," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan.

Rangkaian acara yang digelar bertajuk Jogja Nandur ini berlangsung di Taman Rekreasi Air Legawong, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta, Eko Suwanto mengatakan, kegiatan ini diisi dengan simulasi penanganan korban hanyut bencana banjir, pelantikan badan-badan partai, dan penyerahan   

1.500 tanaman jambu dan mangga arum manis yang diserahkan secara simbolik kepada beberapa ketua RW, serta penanaman pohon di sekitar lokasi.

Tanaman jambu dan mangga dipilih pada penanaman pohon kali ini karena menurut Eko Suwanto yang juga Ketua Komisi A DPRD DIY ini, buah jambu dan mangga dari sisi kesehatan yang memiliki vitamin tinggi yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

“Tanaman jambu air membantu  menghijaukan lingkungan dan kawasan resapan air sehingga terhindar bencana banjir. Apalagi secara ekonomi buah buahan ini mahal kalau dikelola dengan baik bisa menaikkan ekonomi warga,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.

Eko menambahkan, mitigasi bencana ini dilakukan sebagai upaya untuk menanggulangi bencana banjir yang kerap terjadi di musim hujan.

“Harapannya DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta dapat melayani masyarakat dalan menanggulangi bencana,” kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement