BMKG Perkirakan Hujan Lebat Turun di DIY Sepekan ke Depan

Ilustrasi - Antara/Wahdi Septiawan
11 November 2021 20:27 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Reni Kraningtyas, mengatakan cuaca DIY dalam sepekan ke depan pada 12 sampai dengan 18 November akan didominasi potensi hujan berintensitas lebat.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem seperti angin puting beliung, hujan lebat disertai petir dan hujan es, serta dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah  longsor,  banjir  bandang,  genangan,  angin  kencang,  pohon tumbang, dan jalan licin.

"Tetap tenang dan waspada, bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan,” kata Reni, Kamis (11/11/2021).

Sleman, Kulonprogo, Bantul dan Gunungkidul diguyur hujan lebat pada Kamis dan Jumat (11-12/11/2021).

“Sejumlah dampak di antaranya jalanan basah, licin atau jarak pandang berkurang, terjadi longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil, terjadi genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala kecil, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala kecil, banjir menggenangi sebagian jalanan dan permukiman,” ujarnya.