Advertisement

Siswa Gunungkidul Akan Dites PCR Acak, Mulai Kapan?

David Kurniawan
Jum'at, 12 November 2021 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Siswa Gunungkidul Akan Dites PCR Acak, Mulai Kapan? Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Jojon

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pelaksana tugas Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Kisworo mengatakan, pembelajaran sekolah tatap muka durasinya masih berlangsung selama dua jam. Oleh karenanya tidak ada masalah berkaitan dengan instruksi dari Gubernur DIY tentang pembelajaran di sekolah maksimal 2,5 jam.

“Di Gunungkidul pembelajarannya hanya dua jam setiap harinya,” katanya, Kamis (11/11/2021).

Advertisement

Menurut dia, upaya pengawasan dan evaluasi terus dilakukan. Salah satunya untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat agar pelaksanaan tidak menjadi sumber penyebaran virus. “Protokol kesehatan merupakan instrument penting. Jadi, pelaksanaan harus mematuhi aturan yang telah dibuat untuk pelaksanaan tatap muka selama pandemi,” katanya.

Disinggung mengenai tes PCR acak untuk siswa, ia mengakui belum dilaksanakan. Meski demikian, tes ini akan dilakukan dan pelaksanaan sepenuhnya diserahkan ke dinas kesehatan selaku organisasi perangkat daerah teknis yang menangani masalah ini. “Kami menunggu pelaksanaan dari dinas kesehatan,” katanya.

Baca juga: Relawan Jokowi Akan Dimanfaatkan PDIP untuk Memenangi Pemilu 2024

Kepala Dinas Kesehatan Dewi Irawaty mengatakan, tes PCR acak untuk siswa akan dilakukan. Namun demikian, ia mengakui masih dalam proses persiapan dan belum terlaksana hingga sekarang. “Belum ditetapkan waktunya karena masih mau saya koordinasikan lagi,” katanya.

Menurut dia, tes acak ini sebagai tindaklanjut adanya kebijakan tatap muka. Selain itu, juga bagian dari program aktif testing dan tracing untuk penangulangan penyebaran virus di sekolah.

“Sudah ada mobil PCR bantuan dari Kapolri dan akan sangat bermanfaat karena hasil tes bisa diketahui lebih cepat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement