Siswa Gunungkidul Akan Dites PCR Acak, Mulai Kapan?

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Jojon
12 November 2021 12:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pelaksana tugas Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Kisworo mengatakan, pembelajaran sekolah tatap muka durasinya masih berlangsung selama dua jam. Oleh karenanya tidak ada masalah berkaitan dengan instruksi dari Gubernur DIY tentang pembelajaran di sekolah maksimal 2,5 jam.

“Di Gunungkidul pembelajarannya hanya dua jam setiap harinya,” katanya, Kamis (11/11/2021).

Menurut dia, upaya pengawasan dan evaluasi terus dilakukan. Salah satunya untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan secara ketat agar pelaksanaan tidak menjadi sumber penyebaran virus. “Protokol kesehatan merupakan instrument penting. Jadi, pelaksanaan harus mematuhi aturan yang telah dibuat untuk pelaksanaan tatap muka selama pandemi,” katanya.

Disinggung mengenai tes PCR acak untuk siswa, ia mengakui belum dilaksanakan. Meski demikian, tes ini akan dilakukan dan pelaksanaan sepenuhnya diserahkan ke dinas kesehatan selaku organisasi perangkat daerah teknis yang menangani masalah ini. “Kami menunggu pelaksanaan dari dinas kesehatan,” katanya.

Baca juga: Relawan Jokowi Akan Dimanfaatkan PDIP untuk Memenangi Pemilu 2024

Kepala Dinas Kesehatan Dewi Irawaty mengatakan, tes PCR acak untuk siswa akan dilakukan. Namun demikian, ia mengakui masih dalam proses persiapan dan belum terlaksana hingga sekarang. “Belum ditetapkan waktunya karena masih mau saya koordinasikan lagi,” katanya.

Menurut dia, tes acak ini sebagai tindaklanjut adanya kebijakan tatap muka. Selain itu, juga bagian dari program aktif testing dan tracing untuk penangulangan penyebaran virus di sekolah.

“Sudah ada mobil PCR bantuan dari Kapolri dan akan sangat bermanfaat karena hasil tes bisa diketahui lebih cepat,” katanya.