Ditinggal Pergi Saat Tungku Menyala, Rumah Terbakar

Rumah korban kebakaran ludes setelah terbakar, Sabtu (13/11/2021) siang. - Istimewa
14 November 2021 05:27 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Kebakaran menghanguskan rumah milik Suyanto, 37, di Dusun Watulangkah, Kalurahan Ambarketawang, Kapanewon Gamping, Sleman, Sabtu (13/11/2021) siang. Kebakaran terjadi diduga berasal dari tungku kayu yang sedang menyala untuk memasak air.

Kepala Seksi Operasional dan Investigasi Kebakaran Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Sleman, Bagas Saskara, menjelaskan kebakaran terjadi pada pukul 12.30 WIB. Rumah yang terbakar seluas 10 x 6 meter persegi.

Kebakaran bermula ketika pemilik rumah sedang memasak air menggunakan tungku kayu. Saat memasak air ini, pemilik rumah meninggalkan rumahnya untuk pergi ke warung. 

Api muncul dari dalam rumah pertama kali diketahui oleh salah satu tetangga yang kemudian meminta bantuan kepada warga sekitar untuk memadamkan api. Warga pun berusaha memadamkan api secara manual.

Namun hal itu tidak cukup, api masih tidak terkendali. Warga pun menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar) Pos Godean. Damkar Gamping dibantu Damkar Pos Mojo Kota Jogja, Polsek Gamping, Relawan Gamping, dan Tim Kesehatan Gamping, untuk memadamkan api.

Api baru bisa dipadamkan sekitar satu jam setelah kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian pemilik rumah diperkirakan kurang-lebih Rp100 juta.