Advertisement

Ketum PP Muhammadiyah Resmikan Gedung Pusat Penelitian dan Inovasi UMY

Sunartono
Jum'at, 19 November 2021 - 07:27 WIB
Sunartono
Ketum PP Muhammadiyah Resmikan Gedung Pusat Penelitian dan Inovasi UMY Ketua Umum PP Muhammadiyah meresmikan meresmikan Gedung Pusat Penelitian dan Inovasi, Dasron Hamid Research and Innovation Center (DHRIC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (18/11/2021). - Ist/UMY.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Ketua Umum PP Muhammadiyah meresmikan meresmikan Gedung Pusat Penelitian dan Inovasi, Dasron Hamid Research and Innovation Center (DHRIC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (18/11/2021). Gedung dengan 9 lantai ini akan menjadi laboratorium dari seluruh bidang ilmu baik sains teknologi maupun ilmu sosial. Dalam peresmian ini juga turut hadir keluarga mantan Rektor UMY, Dasron Hamid.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Profesor Haedar Nashir mengatakan gedung tersebut menjadi momentum spesial karena hari ini bertepatan dengan momentum yang luar biasa. Haedar menyebutnya sebagai kado dari UMY untuk Muhammadiyah.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Momentum ini spesial juga karena sebagai cerminan kepemimpinan Gunawan Budianto dan jajarannya yang menghargai dan menyambung jejak para tokoh perintis juga pendiri UMY, termasuk pak Dasron Hamid dan tokoh lainnya,” katanya.

Ia menilai gedung pusat penelitian ini tentu tidak lepas dari pemikiran Dasron Hamid yang ingin  UMY memiliki gedung pusat penelitian dan menjadi research university. Dasron Hamid adalah salah satu rektor UMY yang membersamai UMY dalam merintis reputasinya dan membersamai sepak terjangnya menjadi Perguruan Tinggi yang terbaik hingga saat ini. “Inilah sebuah contoh kepimpinan yang visioner," ungkap Haedar.

Haedar berharap dengan adanya gedung penilitian ini memberikan kontribusi yang luas atas permasalahan yang dihadapi masyarakat. Seperti halnya Covid saat ini, pembuatan vaksin juga dimulai melalui penelitian-penelitian yang ada di perguruan tinggi. Bukan hal yang tidak mungkin, Muhammadiyah melalui PTM-nya bisa memproduksi vaksin sendiri ke depannya.

“Ini merupakan tonggak kebaikan dan kemajuan yang bisa dicontoh oleh PTM lainnya, untuk berbenah dan berpikir ke depan untuk menjadi perguruan tinggi yang bereputasi dan menjadi research university,” ujarnya.

Rektor UMY Gunawan Budianto mengatakan butuh 18 tahun untuk mewujudkan mimpi Dasron Hamid untuk membangun pusat penenlitian di UMY. “Saya berharap gedung ini bisa berkontribusi kepada masyarakat lebih baik lagi, menghasilkan inovasi teknologi tepat guna serta solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat,”ucapnya.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aeropressure, Inovasi Warga Kupatan untuk Pelihara Ikan di Perkotaan Magelang

News
| Jum'at, 09 Desember 2022, 04:27 WIB

Advertisement

alt

Ikut Genjot Kualitas SDM Desa Wisata, Ini yang Dilakukan oleh BCA

Wisata
| Kamis, 08 Desember 2022, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement