Advertisement

Ini 3 Lokasi Pemeriksaan Wisatawan yang Masuk ke DIY Saat Nataru

Jumali
Sabtu, 04 Desember 2021 - 16:37 WIB
Bhekti Suryani
Ini 3 Lokasi Pemeriksaan Wisatawan yang Masuk ke DIY Saat Nataru Suasana pemeriksaan kendaraan di pos penyekatan Prambanan, Jumat (14/5/2021). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Sejumlah persiapan terus dilakukan oleh Pemda DIY terkait penerapan PPKM level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Terbaru, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY menyatakan selain akan memeriksa wisatawan yang berkunjung ke DIY di tiga perbatasan, yakni Prambanan, Tempel dan Temon, mereka juga akan mengetatkan pengawasan dengan melakukan pemeriksaan wisatawan di beberapa titik di DIY.

Advertisement

"Di simpul-simpul jalan pertemuan jalan kabupaten akan kami lakukan pemeriksaan saat libur Nataru. Simpul itu di antaranya di jalan Adisutjipto, Tempel dan Wates. Nanti kami kolaborasi dengan kepolisian, RAPI dan Satpol PP," kata Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti, Sabtu (4/12/2021).

Sementara untuk pemeriksaan wisatawan yang masuk ke DIY di Prambanan, Tempel dan Temon, Ni Made menyatakan personelnya hanya sebatas membackup Satpol PP, Polisi dan TNI. "Soal waktu kami ikut pihak kepolisian nantinya," jelasnya.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad menyiapkan 578 personel yang terdiri dari 250 personel yang akan mobile mengawasi penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Sedangkan sisanya,328 personel akan ditempatkan di objek wisata.

"Nanti akan kami bagi dalam enam regu. Semua akan bergabung dengan TNI dan Polri," katanya.

Dari enam regu yang dipersiapkan, 3 regu akan bertugas di tiga lokasi perbatasan yakni Prambanan, Tempel dan Temon. Disana akan ada cek poin bagi pelaku perjalanan.

"Nanti disana akan ada pemeriksaan syarat perjalanan yakni wajib vaksin dosis 1 dan tes antigen. Pemeriksaan akan dilakukan secara acak," imbuhnya.

BACA JUGA: Aturan Pengangkatan Jadi ASN Polri Terbit, Ini Respons Mantan Pegawai KPK

Sementara 3 regu lainnya, kata Noviar yang juga Ketua Penegakan Hukum (Gakkum) Satgas Covid-19 DIY akan bertugas menyisir dan mengawasi kegiatan masyarakat, tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Mereka akan bertugas dalam 3 sif berbeda, yakni pagi, siang dan malam.

"Kami juga mengawasi kemungkinan penyalaan kembang api dan pentas seni dan budaya. Kami telah minta kafe-kafe untuk tidak menggelar pentas dan ini akan kami awasi. Kami juga akan menindaklanjuti aduan warga terkait kegiatan yang ada di sekitarnya," ucap Noviar.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan saat libur Nataru diadakan penyekatan untuk mengecek kelengkapan syarat perjalanan dan sampel tes corona acak.

"Ya diperbatasan akan ada sampling (tes corona) ya. Penyekatan sampel tapi tentu tidak semuanya (titik), teman-teman pol pp akan lebih teliti lagi supaya tidak ada yang sembarangan tanpa keterangan kesehatan," kata Aji.

Selain di perbatasan, tes corona acak juga akan dilakukan di sejumlah lokasi yang menjadi titik vital. Tracing kasus corona juga tetap akan digencarkan selama Nataru.

"Penyekatan, melakukan tracing testing di bukan hanya sekolah tapi di masyarakat," katanya.

Aji menyatakan telah menyiapkan antisipasi jika terjadi lonjakan Covid-19. "Kami sudah siapkan, tempat isolasi dan berbagai langkah lainnya," jelas Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement