Advertisement

Pemkot Jogja Kirim Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

Sirojul Khafid
Kamis, 09 Desember 2021 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkot Jogja Kirim Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi (paling kiri) dalam acara pelepasan bantuan pada korban erupsi Kabupaten Lumajang di Kantor BPBD Kota Jogja, Umbulharjo, Jogja, Rabu (8/12/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pemerintah Kota Jogja melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Menurut Kepala BPBD Kota Jogja, Nur Hidayat, bantuan ini berupa 20.000 masker medis, 40.000 hand sanitizer berukuran 60 mililiter, 576 sabun batang, dan 100 pasang sepatu boots.

“Kami sudah berkomunikasi dengan BPBD Lumajang terkait barang yang dibutuhkan. Kalau tidak konfirmasi dulu, nanti malah barangnya numpuk dan bisa sia-sia. Saya yakin relawan juga banyak di sana,” kata Nur Hidayat dalam acara pelepasan bantuan di Kantor BPBD Kota Jogja, Umbulharjo, Jogja, Rabu (8/12/2021).

Barang-barang ini merupakan stok dari BPBD Kota Jogja yang masih banyak. Selain memberikan bantuan, mereka juga memastikan barang-barang untuk keperluan di Jogja terpenuhi, terutama untuk penanganan Covid-19.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

“Di sisi lain, dalam keadaan kami juga masih di cuaca ekstrem. Harus waspada semua,” katanya.

Ada empat personil dengan keahlian berbeda yang membawa barang bantuan. Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi mengatakan penyaluran bantuan ini sekaligus upaya survei di lokasi bencana. Personil yang berangkat akan melihat kebutuhan apa lagi yang bisa diberikan oleh Kota Jogja.

Baca juga: Tertutup Material Merapi, Mata Air Bebeng Glagaharjo Masih Dicari

“Tim ini sekaligus untuk melakukan penjajakan terhadap persoalan-persoalan yang terjadi di sana, apakah ada potensi pengiriman bantuan lain yang bisa kami berikan. Karena kami belum tahu kondisi di sana secara nyata,” kata Heroe. “Ini bagian dari kami semua masyarakat dan Pemkot Jogja berempati dan membantu apa yang dialami masyarakat di sekitar Gunung Semeru.”

Kota Jogja yang pernah terdampak erupsi Gunung Merapi juga sebelumnya mendapatkan bantuan dari daerah lain, termasuk dari Kabupaten Lumajang. Selain bentuk kepedulian, pengalaman penanganan erupsi Gunung Merapi sebelumnya bisa dibagikan kepada penanganan erupsi Gunung Semeru.

Heroe berharap tim yang berangkat ke Lumajang untuk berhati-hati, lantaran saat ini masih ada erupsi. “Jaga nama baik Jogja, tunjukkan empati kita, tunjukkan kepedulian kita, dan kita di sana memberikan secercah, paling tidak harapan agar mereka kuat, agar mereka mampu melewati bencana ini bersama-sama dengan masyarakat lain. Serta bisa segera mengakhiri bencana ini, dan semoga ini menjadi upaya kita bersama untuk bekerja sama di kemudian hari,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

BKKBN DIY Gelar Wisuda Ratusan Lansia

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditugasi Megawati, Puan Akan Temui AHY Meski Demokrat dan PDIP Tak Akur

News
| Selasa, 27 September 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement