Buka Tiap Hari, Ini Sejumlah Lokasi Layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di Bantul

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
10 Desember 2021 19:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten Bantul terus berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 agar mencapai 100% minimal untuk dosis pertama di akhir tahun ini. Selain menyediakan vaksinasi di semua puskesmas setiap hari, Pemkab juga menyediakan layanan vaksin Covid-19 setiap hari di halaman kantor Dinas Kesehatan dan juga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati.

Kepala Subbag Hukum, Pemasaran dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati Bantu, Siti Rahayuningsih mengatakan layanan vaksinasi bagi masyarakat umum sudah digelar sejak 7 Desember lalu dan akan terus berlanjut sampai akhir Desember.

“Pelaksanaannya sejak tanggal 7, 8, 11, 15, 18, 22 dan 28 Desember.Untuk waktunya mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB,” kata Siti

Siti mengatakan untuk pemohon vaksin dosis pertama, masyarakat cukup membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP). Sedangkan untuk dosis kedua membawa kartu vaksin dan fotokopi KTP. Sementara jenis vaksinnya adalah vaksin Sinovac.

Tidak ada batas kuota dalam proses vaksinasi di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Hal itu untuk memudahkan masyarakat mengakses vaksin. Selain itu pihaknya juga menyediakan hotline sentra vaksin RSUD Panembahan Senopati Bantul melalui kontak WhatsApp di nomor 08112647779.

“Kita tidak terapkan kuota, berapa pun kami layani. Jadi masyarakat bisa langsung datang ke sentra vaksinasi di eks IGD lama RSUD Panembahan Senopati pada tanggal 11, 15, 18, 22 dan 28 Desember," ujarnya.

BACA JUGA: Berkat Xenia, Daihatsu Catat Penjualan Tertinggi Sepanjang 2021

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Bantul, Abednego Dani Nugroho mengatakan, upaya percepatan vaksinasi memang terus digenjot selama bulan ini seperti di RSUD Panembahan Senopati, puskesmas dan di halaman kantor Dinas Kesehatan.

Khusus untuk layanan vaksin Covid-19 di halaman kantor Dinas Kesehatan berlangsung selama hari kerja, “Tiap hari untuk dosis satu kuota 300 orang, dan untuk jenis vaksin menyesuaikan stok vaksin yang ada,” ucapnya.

Namun demikian untuk mendapatkan vaksin di halaman kantor Dinas Kesehatan Bantul masyarakat tidak bisa langsung datang melainkan harus mendaftar terlebih dahulu melalui laman ikutvaksin.bantulkab.go.id.