Ratusan Personel RSPAU Hardjolukito Diberi Materi Komunikasi dan Motivasi

Personel RSPAU Hardjolukito Yogyakarta mendapatkan motivasi dari Pakar Komunikasi Aqua Dwipayana, Senin (13/12/2021). - Harian Jogja/Sunartono
13 Desember 2021 14:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 875 orang personel yang bertugas di RSPAU Hardjolukito Yogyakarta mendapatkan materi motivasi dari motivator nasional, Aqua Dwipayana di Gedung Tanggap Darurat kompleks rumah sakit setempat, Senin (13/2021). Materi tentang komunikasi diberikan dalam beberapa sesi kegiatan dalam sehari yang bertujuan untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) untuk menjadi rumah sakit bintang lima.

Perwira Ahli Bidang Bisnis sekaligus Wakil Kepala Kegiatan RSPAU Hardjolukito Kolonel Kes Yuni Rukmawati menjelaskan ratusan personel itu berasal dari pejabat hingga level paling bawah di lingkungan rumah sakit. Tujuan dari sharing komunikasi tersebut agar semua personel mengetahui dan semangat menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing sebagai tindaklanjut kegiatan sebelumnya menggelar bedah tugas struktur organisasi baru.

“Sesuai arahan dokter Berlian [Kepala RSPAU Hardjolukito Marsma Berlian] menghendaki rumah sakit ini jadi bintang lima, dengan adanya sharing komunikasi dengan Doktor Aqua diharapkan materi ini terserap semua sampai dengan bari bawah, sehingga komunikasi yang terjalin bisa berkesinambungan,” katanya.

Muara dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dalam hal ini pasien di rumah sakit. Sehingga seluruh personel bisa saling berkolaborasi untuk menjalankan tugasnya.

“Ke depan setelah diberikan motivasi kami akan berusaha untuk berubah agar lebih baik lagi. Ini awal yang baik melalui motivasi Pak Aqua, ke depan tentu akan digelar lagi,” ujar Ketua Panitia Kegiatan Letkol Unang Suryanto.

Guna menuju rumah sakit bintang lima, RSPAU Hardjolukito sudah memasukkan sejumlah alat canggih untuk memberi layanan masyarakat. Peralatan itu tentu harus didukung oleh SDM yang memadai sehingga bisa terjalin komunikasi yang baik dalam memberikan layanan. “Dengan meningkatkan kapasitas SDM harapannya bisa memaksimalkan sarana prasarana yang sudah ada,” ujarnya.

Pakar Komunikasi sekaligus Motivator Nasional Aqua Dwipayana menyatakan pentingnya level pimpinan harus menjadi teladan di setiap organisasi agar dicontoh oleh bawahannya. Selain itu reward dan punishment perlu diterapkan dalam berorganisasi dengan dilakukan secara transparan, sehingga menjadi motivasi tersendiri bagi seluruh personel di organisasi tersebut.

“Di rumah sakit mana pun terpenting adalah komunikasi internal, bagaimana antar pegawai bisa saling menghargai. Bagaimana dokter dan perawat itu saling berkolaborasi karena saling membutuhkan dalam memberikan layanan,” ujarnya.

Ia menambahkan sebelum memberikan materi tersebut telah meminta semua dihadirkan dari level personel dalam beberapa tahap pertemuan dengan harapan semua memperoleh manfaat. “Saya mengapresiasi Kepala RSPAU Hardjolukito Marsma Berlian yang memberi kesempatan kami untuk memberikan motivasi, karena di dalamnya ada tenaga kesehatan yang juga berperan penting dalam penanganan Covid-19 yang juga perlu kami apresiasi,” ujarnya.