Kagama DKI Jakarta Harapkan Mobil Saras Bisa Beri Manfaat untuk Warga Jogja

Kunjungan Kagama DKI menyerahkan kembali mobil Saras Lan Pinter agar dapat dikelola oleh Harian Jogja. - Dok. Harian Jogja
17 Desember 2021 13:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Kagama DKI Jakarta kembali memberikan kepercayaan kepada Harian Jogja untuk mengelola Mobil Saras lan Pinter agar dapat dimanfaatkan untuk masyarakat Jogja. Mobil ini selain dapat dimanfaatkan untuk layanan kesehatan maupun kegiatan sosial, sekaligus bisa digunakan sebagai perpustakaan keliling.

Ketua Kagama DKI Jakarta Meinarwati menjelaskan mobil Saras lan Pinter diserahkan kepada Harian Jogja dengan harapan dapat dimanfaatkan warga Kota Jogja. Mobil tersebut dilengkapi dengan fasilitas multifungsi, dapat dimanfaatkan sebagai ambulans untuk membantu penanganan kesehatan. Selain itu mobil tersebut dapat pula digunakan sebagai perpustakaan.

"Maka disebut dengan Mobil Saras lan Pinter, saras bisa dipakai untuk ambulans dan pinter bisa untuk membantu meningkatkan literasi masyarakat Jogja melalui perpustakaan. Harian Jogja bisa menjangkau wilayah di Jogja, tetap kami titipkan untuk membuat masyarakat Jogja sehat dan pintar," katanya di sela-sela kunjungan Kagama DKI di Kantor Harian Jogja, Jumat (17/12/2021).

Program pemanfaatan mobil untuk layanan masyarakat itu sebagai salah satu realisasi dari tujuan Kagama DKI dengan tagline yang tidak hanya menjalin kerukunan, namun juga harus memberikan manfaat bagi masyarakat. "Kami berterima kasih karena mobil ini masih dimanfaatkan untuk warga Jogja," katanya.

Pemimpin Redaksi Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan Kagama DKI Jakarta kepada Harian Jogja untuk mengoperasionalkan mobil Saras dan Pinter. Mobil tersebut nantinya akan kami bawa ke tengah-tengah masyarakat agar bisa memanfaatkan buku-buku yang ada di dalam mobil.

Harapannya, literasi masyarakat akan semakin meningkat lagi. Tantangannya ke depan perlu untuk menambah buku-buku yang lebih relevan lagi menjadi sumber bacaan bagi masyarakat. Selain itu, mobil tersebut juga bisa digunakan untuk kegiatan sosial seperti untuk ambulance, juga untuk membawa sembako pada saat bakti sosial.

“Kami juga terbuka kepada masyarakat yang membutuhkan sejauh tujuannya untuk operasional dalam rangka kegiatan sosial. Dan sekali lagi, terima kasih atas amanah yang diberikan Kagama DKI. Kami akan jalankan amanah ini sebaik-baiknya,” ujar Anton.

Menurut Anton, mobil Saras Lan Pinter diserahkan Kagama DKI sekitar sembilan tahun lalu pada saat Kagama DKI dijabat oleh Budi Karya Sumadi. Tujuannya juga sama, agar mobil tersebut bisa dioperasionalkan untuk kegiatan sosial dan meningkatkan literasi masyarakat karena mobil itu sekaligus bisa berfungsi sebagai perpustakaan keliling. "Terima kasih Kagama DKI Jakarta yang kembali yang mempercayakan operasionalisi mobil saras Lan Pinter kepada Harian Jogja," ungkap Anton.