Advertisement

Diserahkan ke Pemkab, Arsip Pemilu Diharapkan Dikelola dengan Baik

Ujang Hasanudin
Minggu, 19 Desember 2021 - 09:57 WIB
Sunartono
Diserahkan ke Pemkab, Arsip Pemilu Diharapkan Dikelola dengan Baik Foto ilustrasi kegiatan KPU Bantul - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantu menyerahkan arsip Pemilu 2014 dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2015 kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul. Penyerahan dilakukan secara simbolis dari Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul, Sukrisna Dwi Sutanta.

Arsip yang diserahkan oleh KPU Bantul diantaranya berupa rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat kalurahan dan kapanewon hasil Pemilu2014 . Selain itu juga diserahkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilihan 2015 serta laporan dana kampanye partai politik Pemilu 2014.

Advertisement

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menjelaskan bahwa penyerahan arsip ini didasarkan pada Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Jadwal Retensi Arsip Substantif dan Fasilitatif Non Kepegawaian dan Non Keuangan KPU.

“Sesuai peraturan KPU tersebut untuk hasil-hasil pemilu maupun pemilihan masa aktifnya selama lima tahun dan setelah masa aktif masuk dalam masa retensi statis permanen. Selanjutnya arsip yang masuk dalam kategori statis diserahkan kelembaga kearsipan daerah dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul,” kata Didik, Sabtu (18/12/2021).

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul, Sukrisna Dwi Sutanta menyampaikan apresiasi kepada KPU Bantul yang telah berkomitmen melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik.

“Sebagai salah satu penyelenggara negara, KPU wajib mengamankan dokumen negara, proses pengamanan dokumen negara ini dengan cara menyerahkan ke lembaga kearsipan daerah,” ujar Sukrisna.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement