Advertisement

Perayaan Natal Digelar Sederhana, Kapasitas Gereja 50 Persen

Yosef Leon
Rabu, 22 Desember 2021 - 13:37 WIB
Sunartono
Perayaan Natal Digelar Sederhana, Kapasitas Gereja 50 Persen Foto ilustrasi Gereja. - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Vikaris Episkopal (Vikep) DIY, Romo Andrianus Maradiyo mengungkapkan, penyelenggaran Natal di tiap gereja diimbau untuk dilakukan secara sederhana dan tetap mengacu pada aturan protokol kesehatan. Ibadah Natal 2021 yang masih dalam suasana pandemi diharapkan tidak jadi sumber penularan Covid-19 baru di lingkungan gereja.

"Kami tetap mengacu pada ketentuan yakni kapasitas maksimal yang ikut misa Natal adalah 50 persen. Jemaat luar kota yang belum terdaftar juga belum boleh ikut misa secara langsung, alternatifnya disediakan misa daring," katanya, Rabu (22/12).

Advertisement

Romo Maradiyo menjelaskan, selain ketentuan kapasitas maksimal pihaknya juga memastikan setiap gereja dapat melaksanakan aturan protokol kesehatan yang ketat sebelum perayaan ibadah dimulai. Ibadah Natal 2021 nantinya akan dimulai sejak 24 Desember dan puncaknya pada 25 Desember.

"Setiap jemaat yang ikut misa secara langsung dipastikan harus mendaftar lebih dulu di paroki masing-masing jauh hari sebelumnya. Gereja juga dilengkapi dengan aplikasi Pedulilindungi," katanya.

Ketua Panitia Natal 2022 Paroki Santo Antonius Padua Kotabaru, Stevanus Richard menyebut, pihaknya menyelenggarakan misa Natal sebanyak enam kali sejak 24-25 Desember di paroki setempat. Jumlah jemaat juga dibatasi hanya sebanyak 400 orang tiap misa dari kapasitas normal sebanyak 1.600 orang.

"Protokol kesehatan akan kita terapkan dengan ketat meliputi scan Peduli Lindungi, scan Girik MyKobar, penyediaan pos kesehatan, masker standar, wastafel cuci tangan dan lainnya," kata Stevanus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement