Kolaborasi Bisnis untuk Penting untuk Perkuat UMKM

Foto bersama program pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma bertajuk Penerapan Strategis Pengentasan Kemiskinan Melalui Penguatan Usaha Ekonomi Produktif Anggota Credit Union (CU) Mitra Parahita di Rumah Makan Jodhang Jawa di Kalurahan Karangrejek, Wonosari, Sabtu (18/12/2021). - Istimewa
23 Desember 2021 00:37 WIB Media Digital Gunungkidul Share :

WONOSARI—Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma menggelar program pengabdian masyarakat bertajuk Penerapan Strategis Pengentasan Kemiskinan Melalui Penguatan Usaha Ekonomi Produktif Anggota Credit Union (CU) Mitra Parahita di Rumah Makan Jodhang Jawa di Kalurahan Karangrejek, Wonosari, Sabtu (18/12/2021). Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan usaha yang dimiliki pelaku UMKM.

Dosen USD, Titus Odong Kusumajati, mengatakan kegiatan ini merupakan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Ditristek.  Materi pelatihan dikemas terstruktur dan sistematis dengan melibatkan dua narasumber lain yaitu Stephanus Eri Kusuma, M.Sc. dan Januari Ayu Fridayani, M.M. yang merupakan dosen di Fakultas Ekonomi USD.

Menurut dia, guna memperkuat bisnis, pelaku usaha perlu mengetahui profil konsumen. Hal ini diselaraskan dengan produk yang akan dibuat sehingga dapat diterima di pasaran. “Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen untuk membantu pengembangan UMKM di Gunungkidul,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Rabu (22/12/2021).

Stephanus Eri Kusuma dalam pemaparannya mengenai Kanvas Bisnis model, mengatakan pengembangan bisnis butuh kolaborasi.

CU dapat membantu kolaborasi dengan menghubungkan komunitas konsumen dan produsen.

“Praktik kolaborasi dalam pendampingan ini dilaksanakan dalam kerja kelompok. Tujuannya berdiskusi dan berbagi ide dalam merumuskan sebuah ide dalam bisnis,” katanya.

Menurut Ayu Fridayani, strategi yang perlu dibangun untuk menjaga relasi dengan konsumen di era digital adalah membangun kejelasan merek, mengelola media sosial, membuat konten, personalisasi pengalaman pelanggan dan memanfaatkan komunitas merek.

Program pengabdian ditutup dengan sesi rencana ke depan. Terdapat tiga ide kegiatan dari peserta berdasarkan materi-materi yang telah diperoleh yaitu, Nawa Warsa Mitra Parahita, Bazar untuk memperingati Hari Koperasi, dan gowes bareng CU Mitra Parahita. (ADV)