Advertisement

Kolaborasi Bisnis untuk Penting untuk Perkuat UMKM

Media Digital
Kamis, 23 Desember 2021 - 00:37 WIB
Budi Cahyana
Kolaborasi Bisnis untuk Penting untuk Perkuat UMKM Foto bersama program pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma bertajuk Penerapan Strategis Pengentasan Kemiskinan Melalui Penguatan Usaha Ekonomi Produktif Anggota Credit Union (CU) Mitra Parahita di Rumah Makan Jodhang Jawa di Kalurahan Karangrejek, Wonosari, Sabtu (18/12/2021). - Istimewa

Advertisement

WONOSARI—Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma menggelar program pengabdian masyarakat bertajuk Penerapan Strategis Pengentasan Kemiskinan Melalui Penguatan Usaha Ekonomi Produktif Anggota Credit Union (CU) Mitra Parahita di Rumah Makan Jodhang Jawa di Kalurahan Karangrejek, Wonosari, Sabtu (18/12/2021). Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan usaha yang dimiliki pelaku UMKM.

Dosen USD, Titus Odong Kusumajati, mengatakan kegiatan ini merupakan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Ditristek.  Materi pelatihan dikemas terstruktur dan sistematis dengan melibatkan dua narasumber lain yaitu Stephanus Eri Kusuma, M.Sc. dan Januari Ayu Fridayani, M.M. yang merupakan dosen di Fakultas Ekonomi USD.

Advertisement

Menurut dia, guna memperkuat bisnis, pelaku usaha perlu mengetahui profil konsumen. Hal ini diselaraskan dengan produk yang akan dibuat sehingga dapat diterima di pasaran. “Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen untuk membantu pengembangan UMKM di Gunungkidul,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Rabu (22/12/2021).

Stephanus Eri Kusuma dalam pemaparannya mengenai Kanvas Bisnis model, mengatakan pengembangan bisnis butuh kolaborasi.

CU dapat membantu kolaborasi dengan menghubungkan komunitas konsumen dan produsen.

“Praktik kolaborasi dalam pendampingan ini dilaksanakan dalam kerja kelompok. Tujuannya berdiskusi dan berbagi ide dalam merumuskan sebuah ide dalam bisnis,” katanya.

Menurut Ayu Fridayani, strategi yang perlu dibangun untuk menjaga relasi dengan konsumen di era digital adalah membangun kejelasan merek, mengelola media sosial, membuat konten, personalisasi pengalaman pelanggan dan memanfaatkan komunitas merek.

Program pengabdian ditutup dengan sesi rencana ke depan. Terdapat tiga ide kegiatan dari peserta berdasarkan materi-materi yang telah diperoleh yaitu, Nawa Warsa Mitra Parahita, Bazar untuk memperingati Hari Koperasi, dan gowes bareng CU Mitra Parahita. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement