Advertisement

Pelajar Miskin di DIY Terima Beasiswa dari Sumbangan Gaji PNS

Sunartono
Kamis, 30 Desember 2021 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Pelajar Miskin di DIY Terima Beasiswa dari Sumbangan Gaji PNS Suasana PTM di SDN Serayu, Jogja, Rabu (28/4/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Ratusan pelajar dari jenjang SD hingga SMA menerima beasiswa di Auditorium Disdikpora DIY, Kamis (30/12/2021). Beasiswa itu dihimpun dari gaji PNS yang disisihkan setiap bulan. Adapun penerimanya adalah pelajar dari keluarga kurang mampu.

Kepala Disdikpora DIY Didik Wardaya menjelaskan beasiswa kali ini diberikan kepada 360 anak terdiri atas SD 66 siswa dengan nilai Rp1 juta, SMP ada 31 anak dengan nilai Rp1,2 juta dan jenjang SMA ada 263 anak dengan nilai Rp1,8 juta. Beasiswa itu diharapkan dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar seperti membeli buku dan alat tulis.

Advertisement

“Para penerimanya ini dari keluarga kurang mampu, sementara dari lingkungan terdekat Disdikpora DIY seperti anak dari sekuriti, petugas kebersihan dan lainnya. Mereka berasal dari berbagai sekolah di DIY,” kata Didik, Kamis.

Didik mengatakan sumber dana yang digunakan untuk beasiswa tersebut berasal dari para PNS di lingkungan Disdikpora DIY baik di level Provinsi maupun UPT yang berada di kabupaten dan kota. Selain itu ada beberapa sekolah yang berada di bawah naungan Disdikpora DIY, para guru berstatus PNS juga menyatakan kesanggupan menyisihkan gaji untuk diberikan beasiswa pelajar.

BACA JUGA: Catat! Ini Daftar Bansos yang Berlanjut Tahun Depan

“Ini menyisihkan dari gaji PNS sesuai dengan kemampuan dan keikhlasan masing-masing, setiap bulan disisihkan lalu ada pengelola lembaga pengumpul zakat,” ujarnya.

Selain beasiswa untuk para pelajar di DIY, lanjutnya, uang penyisihan gaji dari PNS tersebut juga digunakan untuk memberikan bantuan dari keluarga yang kurang mampu dalam berbagai bentuk.

“Jadi ada yang dalam bentuk bantuan ke keluarga, kemudian ada yang berbentuk beasiswa pendidikan untuk jenjang SD sampai SMA. Ini sudah berjalan dua kali dan mendapatkan respons positif dari para pegawai, bahkan beberapa sekolah sudah ada yang bergabung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement