Advertisement

UAJY Gelar Seminar Nasional Penelitian MBKM dan Pengabdian Unggulan 2021

Media Digital
Jum'at, 31 Desember 2021 - 12:57 WIB
Bhekti Suryani
UAJY Gelar Seminar Nasional Penelitian MBKM dan Pengabdian Unggulan 2021 Seminar Nasional bertajuk 'Penelitian MBKM dan Pengabdian Unggulan UAJY 2021', Rabu (29/12/2021) - Ist

Advertisement

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar Seminar Nasional bertajuk 'Penelitian MBKM dan Pengabdian Unggulan UAJY 2021', Rabu (29/12/2021).

Seminar ini bertujuan untuk menampilkan makalah yang merupakan hasil penelitian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pengabdian dosen UAJY. Acara ini digelar secara luring di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta serta secara daring melalui Zoom dan live streaming Youtube.

Pembicara pada Seminar Nasional ini adalah Prof. Drs. Sukestiyarno, YL, MS., Ph.D. (Wakil Ketua Pokja PMM DN dan Dosen FMIPA UNNES), Prof. Dr. Dwi Suryanto M.Sc. (Ketua Unit Pengembangan Pendidikan USU), Dr. Ir. Usman Wijaya (Founder PT Deltakoni, Bekasi) dan Dr. Ir. Y. Djarot Purbadi, M.T. (Koordinator MBKM Center UAJY) serta dimoderatori oleh Ina Nur Ratriyana, M.A. (dosen Prodi Ilmu Komunikasi UAJY).

Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya mengungkapkan jika kegiatan MBKM di UAJY masih berproses hingga saat ini, sehingga seminar ini diharapkan dapat memberikan tambahan informasi dari para pembicara. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat pada kegiatan MBKM selanjutnya, terlebih lagi pada lulusan UAJY supaya dapat lebih berkualitas, memahami kondisi di masyarakat dan dapat mengikuti perkembangan zaman,” ujar Yoyong.

Wakil Rektor I UAJY, Sushardjanti Felasari, ST., M.Sc.CAED., Ph.D. melanjutkan dengan presentasi mengenai implementasi kegiatan MBKM UAJY 2021. Dalam presentasinya, Felasari menjelaskan alur kegiatan MBKM yang secara khusus ditangani oleh tim dari MBKM Center dari awal hingga akhir.

“Berbagai kegiatan MBKM telah dilakukan oleh UAJY, beberapa kegiatan tersebut antara lain: Pertukaran Mahasiswa Merdeka-Dalam Negeri (PMM-DN), kegiatan Modul Nusantara, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), dan kegiatan Kampus Mengajar,” ujar Felasari. Pembicara pertama, Prof. Drs. Sukestiyarno, YL, MS., Ph.D. memberikan materi mengenai ‘Evaluasi Pelaksanaan Program MBKM dan Tindak Lanjut’.

“Tiap universitas perlu menyiapkan kurikulum MBKM hingga fasilitas yang memadai, sehingga mahasiswa merasa terfasilitasi. Kegiatan MBKM merupakan sarana branding perguruan tinggi, sehingga perlu adanya kesiapan yang matang baik dari fakultas hingga mahasiswa yang dikirim,” ujar Sukestiyarno.

Pembicara kedua, Dr. Ir. Usman Wijaya memberikan paparan materi mengenai manfaat magang MBKM bagi mahasiswa serta industri. Sebagai pelaku industri, Usman mengungkapkan jika terdapat simbiosis mutualisme pada praktik magang MBKM.
“Mahasiswa dapat menerapkan materi perkuliahan ketika magang, dan industri dapat meningkatkan citra perusahaan, mendapat ide baru, serta meningkatkan produktivitas,” ujar Usman.

Pembicara ketiga, Prof. Dr. Dwi Suryanto M.Sc. memberikan materi mengenai kegiatan MBKM di Universitas Sumatera Utara (USU).
“Program MBKM menjadi sarana agar mahasiswa dapat mengembangkan potensinya sendiri. Mahasiswa mampu beradaptasi dengan kegiatan di luar beban mata kuliah wajib di universitas asal. Kita harus mengubah mindset untuk menjadikan mahasiswa menjadi ‘seseorang’ bukan ‘sesuatu’ saja,” ujar Dwi. (**)

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement