Advertisement

Penerimaan Mahasiswa Baru: Pendaftaran Akun LTMPT SNMPTN Dibuka, Ini Tahapannya

Lugas Subarkah
Rabu, 05 Januari 2022 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Penerimaan Mahasiswa Baru: Pendaftaran Akun LTMPT SNMPTN Dibuka, Ini Tahapannya Sejumlah siswa mengisi data saat mendaftar SMNPTN. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) segera menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022, termasuk untuk sejumlah PTN di Sleman.

Ketua LTMPT, Mochamad Ashari, menjelaskan SNMPTN merupakan seleksi berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya yang ditetapkan oleh PTN dengan biaya subsidi penuh pemerintah. Sementara SBMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru PTN berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan kriteria lain yang ditetapkan.

Advertisement

BACA JUGA: Pendakian ke 4 Gunung Ditutup, Cuaca Ekstrem dan Pemulihan Jadi Alasan

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh siswa yang akan mengikuti SNMPTN 2022 dan SBMPTN 2022 adalah melakukan registrasi akun LTMPT sebagai syarat untuk dapat mendaftarkan diri di seleksi masuk PTN 2022. Adapun pendaftaran akun LTMPT untuk SNMPTN 2022 dimulai Selasa (4/1/2021).

“Langkah pertama diawali dengan registrasi akun LTMPT bagi sekolah mulai 4 Januari, lalu diikuti registrasi akun LTMPT oleh siswa mulai 10 Januari. Batas akhir registrasi akun sekolah dan siswa pada 15 Februari,” ujarnya, Rabu (15/1/2021).

Registrasi akun LTMPT bagi sekolah dan siswa melalui LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id. Setelah itu dilanjutkan dengan penetapan siswa yang eligible oleh Sekolah mulai 4 Januari hingga 8 Februari. Pendaftaran SNMPTN pada 14 -28 Februari. “Pengumuman Hasil SNMPTN dijadwalkan pada 29 Maret,” tuturnya.

Berikutnya, UTBK-SBMPTN tahun 2022 menggunakan komputer dan biaya ditanggung oleh peserta serta disubsidi oleh pemerintah. Tahapan mengikuti SBMPTN tahun 2022 diawali dengan registrasi Akun LTMPT pada 14 Februari-17 Maret. Secara spesifik mekanisme dan sosialisasi UTBK-SBMPTN akan dilakukan sampai dengan 15 April.

Pendaftaran UTBK- SBMPTN pada 23 Maret -15 April 2022. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN dilakukan dalam dua gelombang di 74 Pusat UTBK PTN. Gelombang 1 pada 17-23 Mei, dan Gelombang 2 pada 28 Mei-3 Juni. Lalu, pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN dijadwalkan pada 23 Juni. Masa unduh sertifikat UTBK pada 25 Juni-31 Juli.

Ashari menyampaikan pemerintah akan memberikan bantuan pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Siswa harus mengajukan bantuan biaya pendidikan skema KIP Kuliah terlebih dahulu. Informasi detail dapat dilihat pada website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https: //puslapdik.kemdikbud.go.id.

BACA JUGA: Mengenal Metaverse, Dunia Virtual yang Memperjualbelikan Alun-Alun Utara Jogja untuk Investasi

Dalam penerimaan mahasiswa baru PTN, pemerintah mensyaratkan kuota penerimaan melalui jalur SNMPTN minimum 20% dari kuota, jalur SBMPTN minimum 40% dari kuota, dan jalur mandiri maksimum 30%. Sedangkan bagi PTN BH penerimaan melalui jalur SBMPTN minimum 30% dan seleksi mandiri maksimum 50% dari kuota.

UGM tahun ini membuka tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yakni SNMPTN, SBMPTN, dan ujian tulis UGM, dengan kuota masing-masing 30%, 30% dan 40%. Calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan kuliah di UGM bisa mengakses informasi melalui portal LTMPT atau um.ugm.ac.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement