Begini Strategi Pemda DIY Menghadapi Omicron yang Kini Meluas

Ilustrasi. - Freepik
08 Januari 2022 07:27 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Satgas Covid-19 Pemda DIY menyebut bakal memaksimalkan sejumlah hal guna mengantisipasi munculnya sebaran Covid-19 varian Omicron di wilayah setempat. Kasus Covid-19 varian ini diketahui telah mencapai ratusan di Indonesia.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Pemda DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, ada empat langkah upaya pencegahan yang dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi munculnya sebaran kasus Omicron di wilayah itu.

"Yang pertama tentunya kita akan intensifkan 3T meliputi testing, tracing, treatment," kata Biwara, Jumat (7/1/2022).

Selanjutnya yakni dengan upaya percepatan vaksinasi kepada warga setempat serta warga lain yang berkunjung ke wilayah DIY, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta memaksimalkan penanganan kasus Covid-19 kepada pasien yang terkonfirmasi.

Selain itu, pihaknya juga menjalin kemitraan dengan kampus UGM untuk melakukan penelitian berkaitan dengan uji spesimen yang terindikasi terpapar Covid-19 jenis Omicron. "Jika ada kontak Omicron maka spesimen akan dilakukan lab yang ada di UGM," ujarnya.

Sementara, Koordinator Penegak Hukum Satgas Covid-19 DIY, Noviar Rahmad menyebut, upaya pengawasan dan penegakan protokol kesehatan juga akan diintensifkan guna mencegah munculnya Covid-19 varian Omicron. Hanya saja, ia mengakui bahwa keoptimalan penggunaan aplikasi Pedulilindungi masih kurang.

BACA JUGA: Puluhan Ortu di Kulonprogo Tolak Vaksinasi, Satgas: Semoga Mereka Sadar...

"Hanya di mal saja yang sudah tertib. Lainnya memang ada QR Code, tetapi tidak ada petugas yang mengarahkan masyarakat untuk mengakses. Padahal kami memantau mobilitas masyarakat lewat aplikasi itu," jelasnya.