Advertisement

AIPNI DIY Tingkatkan Mutu Soal Uji Kompetensi

Media Digital
Jum'at, 28 Januari 2022 - 07:07 WIB
Maya Herawati
AIPNI DIY Tingkatkan Mutu Soal Uji Kompetensi Suasana Workshop Item Review (Analisis Soal) di Hotel Grand Zuri Malioboro, Jogja, Kamis (20/1/2022). (ist - AIPNI DIY)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional VIII DIY memfasilitasi institusi pendidikan perawat ners di DIY dalam rangka meningkatkan mutu soal uji kompetensi. Soal-soal ini nantinya menjadi bahan tenaga kesehatan dalam meningkatkan jenjangnya.

Selain itu, uji kompetensi juga sebagai proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Sebagai upaya peningkatan mutu soal, AIPNI DIY menyelenggarakan Workshop Item Review (Analisis Soal) di Hotel Grand Zuri Malioboro, Jogja, Kamis (20/1/2022).

Dari 14 Institusi Pendidikan Perawat Ners di Jogja yang berpartisipasi, panitia menghimpun 1.920 soal. Dari seluruh soal, 942 diterima dan 958 ditolak di berbagai departemen keperawatan. Proses analisis dilakukan secara hybrid dengan reviewer yang sudah ditunjuk dah dihasilkan oleh regional. Setelah itu, soal-soal yang masuk akan dipilih untuk nantinya berlanjut pada review nasional.

"Kegiatan ini merupakan program rutin serta menjadi upaya dari AIPNI memperbaiki kualitas pendidikan yang berdampak pada mutu pelayanan kesehatan,” kata Ketua AIPNI Regional VIII, Moh Judha dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/1).

Bertindak sebagai Ketua Tim Penjaminan Mutu Uji Komptensi dan Akreditasi AIPNI Regional VIII DIY, Suratini, harapannya kegiatan ini menjadi pendukung bagi peningkatan sistem uji kompetensi nasional, terutama untuk pendidikan keperawatan di Indonesia. Melalui penguatan institusi pendidikan tinggi keperawatan serta meningkatkan standar mutu lulusan ners Indonesia, maka akan berdampak pada kualitas kinerja ners profesional. (*)

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Bentuk Tim Gabungan Pencari Fakta untuk Tragedi Stadion Kanjuruhan

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement