Advertisement

Ini Kerusakan Akibat Angin Kencang di Kota Jogja Hari Ini

Yosef Leon
Rabu, 02 Februari 2022 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Kerusakan Akibat Angin Kencang di Kota Jogja Hari Ini Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Hujan berintensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan angin kencang pada Rabu (2/2/2022) sore menyebabkan belasan pohon tumbang di wilayah Kota Jogja.

Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja menyebut, total ada sebanyak 15 pohon tumbang yang tersebar di beberapa titik dampak dari insiden tersebut.

Advertisement

"Laporan sementara ada 15 pohon tumbang yang terjadi dampak dari hujan deras sejak pukul 13.00 Wib – 13.35 Wib tadi sore," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Jogja, Nur Hidayat.

Nur menerangkan, dampak kejadian itu dirasakan di dua kemantren yakni Kemantren Umbulharjo dan juga Kotagede. Sebagian besar pohon tumbang merupakan kepunyaan warga dan lainnya dimiliki oleh instansi pemerintah.

Menurut Nur, tidak ada dampak serius yang terjadi akibat fenomena hujan deras dan angin kencang tersebut. Hanya saja, beberapa pohon yang tumbang ada yang menimpa rumah warga, unit kendaraan serta pagar pekarangan.

"Jenis kerusakan masih pada taraf ringan hingga sedang," tambah Nur.

BACA JUGA: Begini Perkembangan Terbaru Pelabuhan Tanjung Adikarto Kulonprogo

Di wilayah Jalan Ngeksigondo 2 Prenggan, Kotagede pohon jenis Ketapang dengan Tinggi 14 meter (m) dan diameter 40 sentimeter (cm) dilaporkan menimpa satu gazebo. Selain itu, pohon jenis Sawo Kecik juga menimpa satu unit mobil jenis Daihatsu Zebra.

Sementara di Giwangan, Umbulharjo pohon jenis Ketepeng setinggi 15 m dengan diameter 40 cm dan juga pohon jenis Pete ambruk menimpa rumah warga. Lainnya yakni pohon Melinjo juga menimpa sepeda motor warga di wilayah Klitren.

"Untuk rumah warga kebutuhan mendesak yang diperlukan terpal sebagai penutup dan sudah kita kondisikan. Laporan per sore ini, semua pohon sudah dievakuasi dengan bantuan relawan dan petugas lainnya," jelas Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement