Advertisement

Rayakan HPN, Harian Jogja Gandeng Sektor Swasta

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 09 Februari 2022 - 07:07 WIB
Arief Junianto
Rayakan HPN, Harian Jogja Gandeng Sektor Swasta Ilustrasi pers. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai bagian dari perkembangan pers di DIY, Harian Jogja turut memanfaatkan momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini dengan menggandeng sejumlah pihak, seperti JNE, Alfamart, Gojek, Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Toko Bakpia Pathok 25, dan Roti Ropi.

Beberapa kegiatan digelar Harian Jogja, mulai dari pemberian tali kasih untuk insan media yang terdampak pandemi, hingga gathering awak media dan diskusi.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY, Hudono menyoroti banyaknya oknum yang kini mengaku sebagai wartawan, tetapi kegiatan yang mereka lakukan tidak mencerminkan kerja kewartawananan, seperti meminta uang dan memeras narasumber.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Menurut dia, pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan tersendiri, termasuk bagi wartawan. Dia menekankan wartawan harus sehat, jika tidak sehat, tidak bisa mencari informasi. Kesehatan dan keselamatan menjadi hal utama. Sebagus apapun liputan wartawan, tidak ada manfaat jika mereka tidak selamat.

“Itulah sebabnya, kami mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Harian Jogja yang juga mendukung insan media,” ujar Hudono, Selasa (8/2).

Staf Public Relations Regional Jateng-DIY JNE, Widiana mengaku senang bisa kembali berpartisipasi mendukung peringatan HPN yang diinisiasi oleh Harian Jogja. “Kegiatan ini sangat positif, karena terus peduli dengan teman-teman seprofesi jurnalis,” ujar Widiana, Selasa.

Menurut dia, kian banyaknya perusahaan yang turut mendukung peringatan HPN 2022 yang diselenggarakan Harian Jogja, merupakan bukti bahwa perusahaan dan media massa bisa berjalan beriringan. “Dukungan ini juga sebagai wujud terima kasih kami bahwa 31 tahun JNE berdiri tentunya karena support teman-teman jurnalis yang terus memberikan informasi positif mengenai perkembangan JNE,” ucapnya.

Regional Corporate Communication Manager Alfamart Jawa Tengah-DIY, Firly Firlandi pun tak menampik, pers sejauh ini merupakan pihak yang tidak terpisahkan dengan Alfamart. “Pers adalah mitra penting. Mitra sejajar untuk bersinergi untuk menjembatani komunikasi antara kami dengan masyarakat,” ujar Firly.

Melalui kegiatan bersama memperingati HPN ini, dia berharap Alfamart bisa turut memberikan sumbangsih.

Advertisement

General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois menambahkan, pers memiliki peran sangat penting dalam segala aspek kehidupan. Sebuah negara, kata dia, akan bisa maju memiliki pers yang bebas, beretika, dan berkualitas. “Peran penting wartawan [media] sebagai sumber yang terpercaya, menyajikan berita yang jujur, tanpa tekanan atau titipan,” ucap Herman.

Menurut dia, selama ini sinergi media dengan hotel, khususnya Royal Ambarrukmo Yogyakarta terjalin dengan baik. “Kami bersama-sama maju, wartawan butuh informasi, dan kami juga membutuhkan media agar brand kami terespos,” ujarnya.

Sementara terkait dengan kegiatan peringatan HPN 2022 yang diinisiasi Harian Jogja, Herman menilai kegiatan ini sangat dibutuhkan.

Advertisement

Untuk itu, dia terus memberikan semangat pada pekerja media yang terdampak pandemi dapat tetap semangat dan terus berkarya. Menurutnya para wartawan yang terdampak pandemi, dan kehilangan pekerjaan, masih memiliki peluang besar dalam karier.

Menjaga Sinergi

Sementara Kepala Toko Bakpia Pathok 25, Ahmad Sudrajat mengaku terus menjaga sinergi dengan media massa.

“Kami harap media dapat terus memberitakan dengan baik, berimbang, sesuai kondisi sebenarnya. Selain itu juga media bisa menjadi pemersatu bangsa, menjaga keutuhan NKRI. Kekuatan media sangat besar, dapat memberitakan sesuatu dengan cepat juga ke seluruh penjuru Tanah Air,” ucap Drajat.

Advertisement

CEO PT Juara Roti Indonesia (Roti Ropi), Ahmad Reza Kurnia Rahman mengucapkan terima kasih atas dukungan besar media massa terhadap perkembangan UMKM, khususnya di DIY.

Selain itu, dia juga sangat mengapresiasi inisiatif Harian Jogja untuk mengajak semua pihak saling bahu membahu dalam membantu sesama, masyarakat yang terdampak pandemi.

“Kegiatan Harian Jogja ini memberikan inspirasi untuk tetap saling bahu membahu membantu masyarakat yang terdampak pandemi,” kata Reza.

Advertisement

Sementara Ketua Pelaksana HPN 2022 Harian Jogja, Mediani Dyah Natalia mengatakan emberian tali asih tersebut diharapkan dapat sedikit meringankan beban pekerja media yang terdampak serta turut memberikan mereka semangat untuk terus berkarya.

Selain itu, dalam peringatan HPN kali ini, Harian Jogja juga menggelar diskusi santai membahas soal sinergi pers dan sektor swasta.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement