Advertisement

Cara Mengakses Layanan Operasi Batu Ginjal Gratis di Jogja

Sunartono
Kamis, 17 Februari 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Mengakses Layanan Operasi Batu Ginjal Gratis di Jogja Ilustrasi peralatan pemecah batu ginjal dengan teknologi ESWL di RS DKT dr Soetarto Jogja. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sejumlah peralatan kesehatan canggih bermunculan untuk mendukung layanan operasi. Salah satunya ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) yang digunakan untuk memecah batu ginjal tanpa melalui sayatan. Operasi jenis ini bisa diakses secara gratis melalui proses cukup singkat.

Salah satu rumah sakit yang memiliki alat canggih ini adalah RS DKT dr Soetarto Jogja. Penggunaan ESWL dilakukan dengan cepat dan tanpa menimbulkan ada sayatan.

Kepala RS DKT dr Soetarto Letkol Ckm Zamroni menjelaskan penggunaan ESWL bisa diakses secara gratis bagi pengguna BPJS setelah mendapatkan rujukan. Hal itu juga berlaku bagi layanan lain seperti penggunaan CT Scan 160 Slice. "Kami memiliki sejumlah fasilitas canggih, seperti ESWL dan CT Scan, ini bisa diakses gratis," ujarnya, Kamis (16/2/2022).

Ia menambahkan penggunaan ESWL dengan teknologi yang canggih sehingga membuat waktu lebih cepat dan mengurangi rasa sakit. Untuk mengaksesnya, apabila indikasi diputuskan oleh Dokter Spesialis Urologi, kemudian pasien dijadwalkan prosedur ESWL yang rata-rata tanpa antre. Saat jelang pelaksanaan operasu tanpa melalui persiapan khusus, pasien datang cukup menandatangani informed consent. Kemudian diberi anti nyeri jika diperlukan. 

Baca juga: Bukan Menderita Batu Ginjal, Kata Dokter Malah Perempuan Ini Disebut Hamil

"Pasien terlentang santai pada meja khusus dan setelah ditentukan lokasinya dengan x-ray dan atau ultrasound batu dihancurkan dengan gelombang kejut [shock wave] yang difokuskan kearah batu," katanya

Tembakan biasanya antara 1.000 dan 3.500, atau ditentukan oleh dokter spesialis urologi. Lama tembakan antara 30- 60 menit. Evaluasi pemecahan dapat diketahui langsung baik dengan x ray dan atau USG. Pecahan batu akan keluar bersama dengan air kencing. Setelah operasi, pasien bisa langsung pulang kecuali butuh oberservasi ketat dari dokter.

"ESWL ini aman. Hanya sedikit efek samping beberapa hari, biasanya hilang dalam 1-2 hari pasca terapi," ujarnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement