Advertisement

Cara Mengakses Layanan Operasi Batu Ginjal Gratis di Jogja

Sunartono
Kamis, 17 Februari 2022 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Mengakses Layanan Operasi Batu Ginjal Gratis di Jogja Ilustrasi peralatan pemecah batu ginjal dengan teknologi ESWL di RS DKT dr Soetarto Jogja. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sejumlah peralatan kesehatan canggih bermunculan untuk mendukung layanan operasi. Salah satunya ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) yang digunakan untuk memecah batu ginjal tanpa melalui sayatan. Operasi jenis ini bisa diakses secara gratis melalui proses cukup singkat.

Salah satu rumah sakit yang memiliki alat canggih ini adalah RS DKT dr Soetarto Jogja. Penggunaan ESWL dilakukan dengan cepat dan tanpa menimbulkan ada sayatan.

Advertisement

Kepala RS DKT dr Soetarto Letkol Ckm Zamroni menjelaskan penggunaan ESWL bisa diakses secara gratis bagi pengguna BPJS setelah mendapatkan rujukan. Hal itu juga berlaku bagi layanan lain seperti penggunaan CT Scan 160 Slice. "Kami memiliki sejumlah fasilitas canggih, seperti ESWL dan CT Scan, ini bisa diakses gratis," ujarnya, Kamis (16/2/2022).

Ia menambahkan penggunaan ESWL dengan teknologi yang canggih sehingga membuat waktu lebih cepat dan mengurangi rasa sakit. Untuk mengaksesnya, apabila indikasi diputuskan oleh Dokter Spesialis Urologi, kemudian pasien dijadwalkan prosedur ESWL yang rata-rata tanpa antre. Saat jelang pelaksanaan operasu tanpa melalui persiapan khusus, pasien datang cukup menandatangani informed consent. Kemudian diberi anti nyeri jika diperlukan. 

Baca juga: Bukan Menderita Batu Ginjal, Kata Dokter Malah Perempuan Ini Disebut Hamil

"Pasien terlentang santai pada meja khusus dan setelah ditentukan lokasinya dengan x-ray dan atau ultrasound batu dihancurkan dengan gelombang kejut [shock wave] yang difokuskan kearah batu," katanya

Tembakan biasanya antara 1.000 dan 3.500, atau ditentukan oleh dokter spesialis urologi. Lama tembakan antara 30- 60 menit. Evaluasi pemecahan dapat diketahui langsung baik dengan x ray dan atau USG. Pecahan batu akan keluar bersama dengan air kencing. Setelah operasi, pasien bisa langsung pulang kecuali butuh oberservasi ketat dari dokter.

"ESWL ini aman. Hanya sedikit efek samping beberapa hari, biasanya hilang dalam 1-2 hari pasca terapi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement