Advertisement

Sultan Ungkap Penyebab Kenaikan Cabai & Kelangkaan Minyak Goreng di DIY  

Sunartono
Senin, 07 Maret 2022 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Sultan Ungkap Penyebab Kenaikan Cabai & Kelangkaan Minyak Goreng di DIY    Ilustrasi cabai - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono mengungkap kenaikan harga cabai serta masih terjadinya kelangkaan minyak goreng. Terkait cabai lebih disebabkan faktor cuaca, sedangkan minyak goreng sepenuhnya menjadi kewenangan pusat.

Sultan menyatakan kenaikan cabai setiap musim hujan merupakan rutinitas tahunan. Saat cuaca mulai membaik dan panenan melimpah harga secara perlahan akan normal.

Advertisement

“Kalau seperti selama masih ada hujan orang tidak mau menanam cabai yang jelas kan itu karena mesti busuk, tahunan harga itu fluktuatif,” katanya di Kepatihan, Senin (7/3/2022).

Sedangkan untuk minyak goreng, Sultan menilai sepenuhnya menjadi kewenangan pusat terutama berkaitan dengan bahan baku. Jika stok dalam negeri berkurang, maka harga dipastikan naik.

 BACA JUGA: Tak Ada Lagi Tes Covid-19 untuk Penumpang Angkutan Umum, Luhut Jelaskan Alasannya

“Kalau seperti minyak goreng, kebijakan pusat sekarang kan hanya masalahnya untuk kebutuhan dalam negeri itu sesuai dengan kebutuhan tidak, persediaan minyak goreng itu, kalau enggak ya mesti harga naik,” ujarnya.

Sultan menyadari kemungkinan pusat sudah membuat komitmen dengan sejumlah negara berkaitan dengan ekspor CPO yang tidak memungkinkan dibatalkan di tengah melonjaknya kebutuhan dalam negeri. HB X mengibaratkan kelangkaan minyak goreng berawal dari bahan baku CPO ini nyaris serupa dengan batubara yang sepenuhnya menjadi kewenangan pusat. Daerah hanya menjadikan distribusi agar berjalan normal.

“Tetapi bagi mereka yang berproses bikin CPO, minyak sawit, kalau sudah terlanjur, dia punya kontrak dengan luar negeri dibatalkan kan tidak bisa. Berarti kan kebutuhan dalam negeri mesti kurang, tetapi itu kan kebijakan pusat. Yang menentukan kelangkaan atau tidak seperti batubara kan wewenang pusat semua,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement