Advertisement

Disbud DIY Tingkatkan Kualitas Perias lewat Lomba Rias Pengantin

Media Digital
Rabu, 09 Maret 2022 - 07:37 WIB
Maya Herawati
Disbud DIY Tingkatkan Kualitas Perias lewat Lomba Rias Pengantin Model pengantin memamerkan hasil riasan dalam Lomba Panatacara dan Tata Rias Busana Pengantin Gaya Jogja 2022 di Grha Sarina Vidi, Mlati, Sleman, Selasa (8 - 3). (Tangkapan layar Youtube tasteofjogja disbud diy)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Sebanyak 30 peserta meramaikan Gelar dan Lomba Panatacara dan Tata Rias Busana Pengantin Gaya Jogja 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Budaya (Disbud) atau Kundha Kabudayan DIY. Peserta yang berasal dari Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati DIY dan Paguyuban Pranatacara Yogyakarta (PPY) DIY ini berkontestasi di Grha Sarina Vidi, Mlati, Sleman.

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pengembangan Adat, Tradisi, Lembaga Budaya dan Seni Dinas Budaya (Kundha Kabudayan) DIY, Yuliana Eni Lestari Rahayu, mengatakan apabila sebelum lomba ada workshop terlebih dulu, yaitu pada 8 Februari 2022.

Advertisement

“Gelar dan lomba ini sebagai upaya memberikan ruang ekspresi dan meningkatkan kualitas generasi perias dan panatacara [pembawa acara] dengan pedoman dan aturan baku yang sudah ada,” kata Eni, Selasa (8/3).

Beberapa materi yang dilombakan seperti Tata Rias Pengantin Yogyakarta Kasatrian Ageng Selikuran, Kasatrian Ageng, dan lainnya. “Adapun penilaian berdasarkan tata rias dan busana, tata bahasa, tembang, narasi, janturan, penampilan dan kreativitas,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Laksmi Pratiwi, mengatakan HARPI Melati DIY dan PPY DIY merupakan wadah yang sudah mendapat pengakuan. Sehingga kerja sama dengan mereka seperti saat ini menjadi kebanggaan dan komiten dari Dinas Budaya dalam bersinergi untuk pemeliharaan adat dan tradisi di DIY.

Peserta yang mendapat penilaian terbaik, ada apresiasi berupa piagam, plakat, dan uang pembinaan. Pembiayaan acara menggunakan dana keistimewaan. Selain itu, acara juga disiarkan secara langsung melalui channel Youtube tasteofjogja disbud diy. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Hari Ini

News
| Rabu, 24 April 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement