Advertisement

Perempuan Didorong Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 26 Maret 2022 - 14:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perempuan Didorong Jadi Pelopor Keselamatan di Jalan Puluhan perempuan di DIY mendapatkan pelatihan safety riding sebagai pelopor keselamatan di jalanan, Sabtu (26/3/2022). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk menurunkan kasus kecelakaan di jalananan, puluhan perempuan didorong menjadi pelopor keselamatan. Mereka mendapatkan pelatihan safety riding di Astra Motor Safety Riding, Sabtu (26/3/2022).

Direktur Operasional PT Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana mengatakan pelatihan safety riding ini bertujuan untuk membangun disiplin dalam berlalu lintas dalam kehidupan sehari-hari demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Keselamatan lalu lintas, katanya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tapi juga seluruh lapisan masyarakat.

Advertisement

"Kami menyelenggarakan pelatihan ini sebagai bagian program perlindungan dasar kecelakakaan lalu lintas jalan. Kami memiliki tanggung jawab tidak hanya pada penanganan pasca kecelakaan tapi juga pada program preventif pencegahan kecelakaan," katanya.

Dia menyebut, angka kecelakaan selama 2021 lalu menurun. Meski mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, angka fatalitas mengalami peningkatakan sekitar 22% dengan jumlah klaim yang disalurkan sebesar Rp2,5 triliun. Kasus kecelakaan 79% didominasi kasus sepeda motor.

Untuk terus menurunkan kasus kecelakaan dan angka fatalitas, instansinya pun melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan salah satunya adalah safety riding. Ia mengajak para perempuan menjadi pelopor untuk keselamatan di jalanan agar semakin banyak kalangan perempuan yang memahami etika dan sopan santun dalam berlalu lintas serta menguasai teknik berkendara secara aman.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Saat Naik Motor Jika Kamu Tidak Ingin Celaka

"Kami bersama Korlantas Polri tidak henti-hentinya melakukan edukasi kepada masyarakat tentang keselamatan dan keamanan berkendara. Kami berharap para peserta dapat menangkap dengan baik materi diberikan dalam pelatihan ini, sehingga pengetahuan yang sudah mereka dapatkan bisa dibagikan kepada rekan-rekannya," katanya.

Pemimpin Cabang PT PNM Cabang Yogyakarta Lienda Diana mengatakan terdapat sekitar 40 perempuan yang mengikuti pelatihan tersebut. Mereka merupakan perwakilan Account Officer dan Marketing Officer PNM Cabang Yogyakarta.

Kasie Dikmas Subditkamsel Ditlantas Polda DIY AKBP Sri Wahyuni mengatakan pelatihan safety riding yang diberikan terbagi menjadi dua sesi yakni sesi teori dan sesi praktik. Pada sesi teori peserta pelatihan mendapat materi soft skill berkendara seperti etika dan sopan santun di jalan serta teknik atau cara untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

"Dengan pelatihan ini diharapkan dapat menurunkan kasus kecelakaan di jalanan. Di DIY selama 2021 lalu ada sekitar 5000an kasus kecelakaan yang didominasi kasus kecelakaan sepeda motor," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement