Advertisement

Webinar ITDA: Industri Penerbangan Butuh Regenerasi Manajemen dan Peningkatan SDM

Media Digital
Senin, 28 Maret 2022 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
 Webinar ITDA: Industri Penerbangan Butuh Regenerasi Manajemen dan Peningkatan SDM Seminar Nasional "Regenerasi Manajemen Industri Dirgantara Dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)" dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada hari Sabtu (26/3/2022) - Ist

Advertisement

Seminar Nasional Kedirgantaraan merupakan event tahunan dari Prodi Teknik Dirgantara Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA). Seminar Nasional yang tahun ini mengusung tema “Regenerasi Manajemen Industri Dirgantara Dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)” dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada hari Sabtu (26/3/2022).

Seminar kali ini menghadirkan narasumber Bramantya A. Djemarnia BSIE, MBA, CAAS, yang merupakan President of Boeing Indonesian Association (BIA). Acara dibuka oleh Rektor ITDA, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono ,M.Sc. Webinar Nasional kali ini diikuti oleh sekitar 200 peserta, yang merupakan mahasiswa ITDA, mahasiswa dari kampus lain, siswa-siswi SMA/MA/SMK Sederajat, dosen, serta masyarakat umum.

Sejak Covid-19 mulai mewabah di awal tahun 2020, trend penerbangan Indonesia mengalami penurunan yang cukup drastis. Untuk menangani beberapa masalah ini dibutuhkan cara atau metode manajemen industri penerbangan untuk mencari solusi yang tepat sasaran dan berdaya guna, serta membuat industri penerbangan dapat bertahan.

Penurunan trend penerbangan yang berpengaruh pada situasi ekonomi industri penerbangan, juga berpengaruh pada kebutuhan SDM penerbangan. Padahal dalam paparannya, Bramantya A. Djemarnia BSIE, MBA, CAAS, menyebutkan bahwa SDM merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembangunan dirgantara. Untuk itulah perlu Investasi pada generasi muda untuk membangun karakter leadership di bidang penerbangan.

Leadership berkarakter dapat dibangun dengan cara sebagai berikut. Pertama, dengan mengembangkan generasi muda yang mempunyai percaya diri kuat, bisa dipercaya, berpegang prinsip, dan tidak takut untuk mencoba hal yang baru.

Kedua, dengan mengembangkan kemitraan dengan pelatihan di kepemimpinan dan selalu meningkatkan kemampuan berpikir untuk masa depan. Ketiga, dengan mengadakan pembelajaran dan pelatihan peningkatan skill tidak hanya pada core learning tetapi juga soft skill. Ketiga, dengan menjalin kemitraan yang berfokus pada peningkatan keragaman karir di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika sejak usia muda.

Selain meningkatkan SDM, hal lain yang perlu diperhatikan Indonesia dalam memajukan potensi di dunia penerbangan adalah mengembangkan roadmap penerbangan yang berbasis standar global, meningkatkan kapasitas infrastruktur, dan dengan hal-hal yang baru terutama dalam teknologi Penerbangan. Harapannya dengan adanya [Webinar Nasional ini dapat mempersiapkan lulusan ITDA, sehingga dapat memberikan kontribusinya dalam kemajuan teknologi bidang kedirgantaraan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arkeolog Temukan Gigi Berusia 1,8 Juta Tahun di Georgia

News
| Senin, 03 Oktober 2022, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement