Advertisement

UKDW Terjun ke Pelosok Klaten Gelar Pemeriksaan Mata

Media Digital
Selasa, 29 Maret 2022 - 16:17 WIB
Bhekti Suryani
UKDW Terjun ke Pelosok Klaten Gelar Pemeriksaan Mata Bakti sosial pemeriksaan kesehatan mata oleh oleh UKDW - Ist

Advertisement

Fakultas Kedokteran Universitas Kedokteran Duta Wacana (FK UKDW) Yogyakarta, LCYRJ (Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang) dan LCKSH (Lions Club Klaten Seruni Host) menggelar kegiatan bakti sosial Penyuluhan dan Pemeriksaan Mata dengan tema “Health of Vision” pada hari Kamis, 24 Maret 2022 di SDN (Sekolah Dasar Negeri) 1 Balerante, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Penyuluhan dan pemeriksaan mata yang dilakukan dirasa sangat perlu karena deteksi dini sangatlah penting untuk mencegah kerusakan mata yang permanen hingga kebutaan. Kegiatan bakti sosial ini dibuka dengan acara seremonial (pembukaan), kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan mata untuk siswa-siswi, guru, tenaga pengajar dan staf sekolah di SDN 1 Balerante dan penyuluhan.

Acara yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 1-6 ini berlangsung dengan lancar dan para murid pun antusias mengikuti kegiatan pemeriksaan mata ini. Pemeriksaan mata dipandu oleh dokter spesialis mata yaitu dr. Marlyna Afifudin, Sp.M dengan bantuan beberapa dokter umum dan dokter muda FK UKDW. Pemeriksaan mata dilakukan menggunakan Snellen chart.

Apabila hasil pemeriksaan dinyatakan tidak normal, selanjutnya peserta dapat diperiksa lebih lanjut menggunakan trial lens. Di ruangan yang berbeda sambil menunggu giliran tiba, siswa-siswi menyimak edukasi terkait anatomi mata secara sederhana. Materi yang disampaikan dengan menarik melalui lagu dan alat peraga, serta tes sederhana untuk mengetahui pemahaman anak terhadap kesehatan mata tersebut dilakukan oleh 7 mahasiswa-mahasiswi FK UKDW.

Siswa-siswi menjawab beberapa soal terkait bagaimana cara menjaga kesehatan mata dan menggambar serta mewarnai bentuk mata. Selain itu, para mahasiswa-mahasiswi FK UKDW pun membagikan flyer yang berisi cara menjaga kesehatan mata serta mini game yang dapat dibawa pulang dengan harapan anak juga dapat menyampaikan edukasi yang telah dipelajari kepada orang tua/keluarga lainnya di rumah.

Para guru dan tenaga pengajar yang sudah melakukan pemeriksaan mata selanjutnya mengikuti penyuluhan terkait Diabetes Melitus (DM) yang disampaikan oleh dr. Widya Christine Manus, M. Biomed. Penyuluhan terkait DM dilakukan karena salah satu komplikasi yang mungkin terjadi pada penderita DM adalah spot hitam pada mata, glaukoma hingga kebutaan.

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi tentang Komplikasi Diabetes pada Mata yang disampaikan oleh dr. Patricia Dissy Andrea. Adapun dokter yang akrab disapa dr Dissy menyampaikan bahwa penderita Diabetes disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata paling tidak setahun sekali walaupun tidak mengalami gejala apapun sehingga penyakit dapat terdeteksi dan ditangani lebih awal. Tidak hanya penyampaian materi, para guru pun diajak untuk melakukan simulasi pemeriksaan ketajaman penglihatan menggunakan Snellen chart.

Sebelum pulang ke rumah, para dokter pun mengingatkan kembali siswa-siswi cara menjaga kesehatan mata. Hal tersebut dirasa penting mengingat para siswa-siswi yang sebelumnya mengikuti kegiatan pengajaran secara daring sangat rentan terhadap penyakit-penyakit yang dapat menyerang mata akibat terpapar radiasi dari gawai dalam waktu yang lama.

Adanya kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan mata yang dilakukan secara gratis ini sejalan dengan salah satu misi dari Fakultas Kedokteran yaitu melaksanakan kegiatan pengabdian dalam bidang kesehatan untuk masyarakat yang pluralistik dengan dijiwai oleh kasih.

Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan mata “Health of Vision” ini diharapkan para peserta yang mengikuti juga dapat menjadi agen yang mengedukasi keluarga atau warga di sekitar akan pentingnya menjaga kesehatan mata.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TRAGEDI KANJURUHAN: Lakukan Investigasi Kapolri Dalami Prosedur Pemakaian Gas Air Mata

News
| Minggu, 02 Oktober 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Perhatian! Sewa Jip di Tebing Breksi Bakal Naik Rp50.000 Mulai 1 November 2022

Wisata
| Minggu, 02 Oktober 2022, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement