Advertisement

Kampung Bener Dicanangkan Jadi Kampung Pancasila

Catur Dwi Janati
Kamis, 31 Maret 2022 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Kampung Bener Dicanangkan Jadi Kampung Pancasila Proses pencanangan Kampung Bener sebagai Kampung Pancasila, Kamis (31/3/2022). - Harian Jogja/Kalurahan Bener

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kampung Bener, Kelurahan Bener, Kemantren Tegalrejo, Kota, dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Pencanangan ini diharapkan makin memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam aktivitas sehari-hari di lingkungan masyarakat.

Lurah Bener, Agus Sutarto menyampaikan bahwa pencanangan Kampung Pancasila di Kampung Bener merupakan wadah bagi warga untuk selalu mengimplementasi nilai-nilai luhur dalam Pancasila. Nilai-nilai itu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari untuk makin memahamkan masyarakat tentang nilai Pancasila.

Advertisement

"Sampai saat ini di lingkungan kami sudah melaksanakan seperti [nilai-nilai] itu. Secara kekeluargaan, persatuan antar umat beragama dan untuk pelaksanaan bidang keagamaan memang kami satukan dalam Forum Kerukunan Umat Beragama [FKUB] di Kalurahan Bener," terang Agus, Kamis (31/3/2022).

Berbagai kegiatan sosial di Kelurahan Bener diinisiasi oleh para sukarelawan yang juga tergabung dalam FKUB. "Jadi FKUB itu merupakan motor dari Kampung Pancasila ini supaya bisa membantu kami agar warga masyarakat itu bisa melaksanakan nilai Pancasila," katanya.

Agus juga berharap generasi muda dapat meningkatkan rasa solidaritas antarwarga. "Bisa ikut berpartisipasi, tidak apatis tetapi aktif melaksanakan kegiatan dari Karang Taruna dan sebagainya," jelasnya.

"Sehingga dalam kehidupan bermasyarakat di Kelurahan Bener ini khususnya di Kampung Bener sebagai kampung Pancasila, dapat dilaksanakan kehidupan yang harmonis, aman tenteram dan nyaman."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement